TNI Angkatan Laut dan Direktorat Polisi Perairan dan Udara Polda Kalimantan Selatan menggelar susur sungai konvoi merah putih di perairan Barito memperingati Hari Kemerdekaan ke-76 RI, Selasa.

"Ada puluhan kapal nelayan yang ikut berpartisipasi memeriahkan konvoi sekaligus mengikuti upacara pengibaran bendera," kata Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla yang memimpin kegiatan.

Konvoi dimulai dari Markas Komando Direktorat Polisi Perairan dan Udara di tepi Sungai Martapura Jalan Teluk Tiram Banjarmasin. Kemudian rombongan menuju Pos Penjagaan TNI Angkatan Laut Trisakti di tepi Sungai Barito yang berjarak sekitar 5,5 mil laut atau 9,9 kilometer.

Lanal Banjarmasin mengerahkan enam unit speed patroli dan satu RHIB (Rigid Hulled Inflatable Boat). Sedangkan Ditpolairud mengoperasikan sembilan speed patroli mengawal puluhan kapal nelayan yang berhias merah putih.

"Kegiatan wujud sinergitas TNI-Polri yang bertugas di perairan ini guna memupuk jiwa nasionalisme masyarakat pesisir sungai dan maritim agar dapat memaknai hari kemerdekaan," kata Herbi.

Konvoi susur sungai itu pun diakhiri dengan upacara pengibaran bendera di Pos TNI Angkatan Laut Trisakti. Sementara peserta upacara termasuk para nelayan tetap berada di atas perahu masing-masing.

Sementara Dirpolairud Polda Kalsel Kombes Pol Takdir Mattanete mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Danlanal Banjarmasin itu.

Menurutnya memupuk rasa nasionalisme masyarakat pesisir sangat penting, dimana jalur maritim menjadi tempat terbuka bagi semua orang termasuk warga asing yang beraktivitas di atas kapal.

"Harapannya masyarakat pesisir baik nelayan maupun kru kapal dapat menjadi garda terdepan menangkal semua potensi ancaman tindak pidana dan aktivitas terlarang lainnya berbekal jiwa nasionalisme," tandasnya.
Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko dan Dirpolairud Polda Kalsel Kombes Pol Takdir Mattanete membagikan paket sembako bagi masyarakat pesisir terdampak pandemi. (ANTARA/Firman)


Pada kesempatan itu Danlanal dan Dirpolairud juga membagikan puluhan paket sembako kepada masyarakat maritim yang terdampak pandemi COVID-19.

Diberikan juga hadiah kepada tiga peserta juara konvoi perahu hias dengan kategori hiasan perahu paling unik dan menarik.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021