Wali kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, H Ibnu Sina mengingatkan jangan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI tahun 2021 dengan dengan menggelar lomba apapun yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

"Karena HUT RI tahun ini daerah kita masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, jadi jangan ada yang buat lomba-lomba secara langsung tatap muka," ujarnya usai memimpin upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Halaman Balaikota Banjarmasin, Selasa.

Menurut dia, masyarakat Kota Banjarmasin agar tetap di rumah pada perayaan HUT RI ini bersama keluarga, tidak mengikuti ada kegiatan apapun di lingkungannya untuk menghindari penularan COVID-19 yang masih tinggi di daerah ini.

Dia pun menyampaikan, jika ingin mengikuti lomba 17-an ini, disarankannya yang digelar secara virtual.

"Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ada menggelar berbagai lomba HUT ke-76 RI ini secara daring, bisa diikuti itu oleh siswa-siswi kita," paparnya.

Ibnu pun menyampaikan, bahwa pihaknya sudah jauh hari menyampaikan himbauan kemasyarakat terkait ini, termasuk jangan menggelar lomba 17-an ini. Semua harus taat protokol kesehatan demi kesehatan dan keselamatan bersama.

"Setiap Satgas COVID-19 di kecamatan dan kelurahan akan mengawasi setiap lingkungannya agar tidak ada gelar-gelar acara yang menimbulkan kerumunan," paparnya.

Pemerintah Kota Banjarmasin pun, ucap Ibnu Sina menggelar upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI dengan terbatas, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Namun dia menyampaikan syukurnya tahun ini Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) bisa dengan formasi lengkap, yakni, 28 orang. Jika tahun lalu hanya diikuti 3 orang Paskibra yang bertugas.

"Kita harap ini jadi sejarah HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Kota Banjarmasin," ujarnya.

Karena, tutur Ibnu Sina, sebagai bangsa yang besar dan tangguh, Indonesia harus bisa melalui cobaan atau pandemi COVID-19 ini.

"Dengan semangat kemerdekaan, kita pasti bisa melawan pandemi COVID-19 ini," ucapnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021