Kepala  Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Tanah Laut, Kalimantan Selatan Hj Luffiati Uyun mengungkapkan,  pada seleksi pendaftaran pasukan pengibar bendera (Paskibra) tahun 2021 tidak berdasarkan kuota, namun dibuka pendaftaran selebar-lebarnya bagi sekolah yang peserta didiknya memenuhi persyaratan dan kriteria yang sudah ditentukan.

“Sebanyak 39 peserta didik terpilih sebagai Paskibra tahun 2021 terdiri dari 20 orang perempuan dan 19 orang laki-laki setingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) tersebar di 11 kecamatan se-Tanah Laut,” kata Luffiati Uyun saat ditemui Diskominfo Talnah Laut di ruang kerjanya, Senin (9/8).

Menurut dia, latihan sudah memasuki hari ke-11,  Tim Paskibra Tanah Laut sudah sampai tahap penyusunan formasi sesuai dengan arahan Bupati Tanah Laut HM Sukamta. 

Dijelaskannya, formasi akan dibagi menjadi dua, ada yang bertugas sebagai pengibar bendera di pagi hari sebanyak 20 orang ditambah empat pengawal satu komandan regu (Danru) dan satu komandan pasukan (Danpas), kemudian ada yang bertugas sebagai penurun bendera 20 orang.

“Kami sudah mempersiapkan sejak awal untuk pelaksanaan pengibaran bendera merah putih pada 17 Agustus nanti,  baik penaikan maupun penurunannya. Saat ini Tim Paskibra Tanah Laut sudah mencapai 75 persen dalam latihan,  bahkan sudah membentuk formasi dan pagi ini sudah latihan penyesuaian penaikan bendera dengan lagu Indonesia Raya,”terang Luffiati Uyun. 

Luffiati Uyun berharap, Tim Paskibra Tanah Laut tahun 2021 merupakan putra-putri terbaik Bangsa Indonesia,  khususnya Kabupaten Tanah Laut dapat menjalankan tugas dengan baik dan lancar.

“Mudah mudahan bendera merah putih bisa berkibar dengan sempurna dan pada sore hari saat penurunannya pun berjalan dengan baik dan lancar,” tutup Luffiati Uyun. 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021