Pemantauan pelaksanaan pembangunan infrastruktur, terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan melalui kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev).

Kali ini Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, melakukan monev pada jalan lingkungan yang berada di Desa Durian Rabung, kemudian dilanjutkan pembangunan TPS 3R yang berada di Desa Jambatan Merah dan terakhir di Jembatan Kalimbuku Desa Telaga Sili-sili.

"Pertama tadi kita melihat ke Desa Durian Rabung, ada jalan lingkungan yang menghubungkan beberapa desa dan menjadi akses bagi masyarakat, para siswa dan siswi kesekolah, untuk jalan usaha tani dan sebagainya, Alhamdulillah sudah dilakukan pengukuran hari ini,” katanya, Rabu (4/8).

Kemudian disampaikan yang kedua, melihat TPS 3 R di desa Jembatan Merah itu adalah salah satu program dari Dispera KPLH HSS yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat.

Pihaknya banyak berbincang, tentu harapannya dengan TPS 3R penumpukan sampah yang ada di kecamatan-kecamatan itu bisa dikelola dengan sebaik-baiknya, sehingga nanti yang masuk ke pembuangan TPA menjadi berkurang, dan itu sebagian itu bisa dicacah dan diolah menjadi kompos yang tentu bernilai ekonomis.

“Tapi yang terpenting adalah tetap edukasi kepada masyarakat, bagaimana memilah sampah dari rumah sehingga nanti petugas kita lebih efektif waktu, tenaga dan pemilahannya bisa lebih cepat,” katanya.

Pihaknya juga meninjau proyek pembangunan jembatan di daerah Kalimbuku, Desa Telaga Sili-sili, ini yang kemaren dikeluhkan oleh masyarakat karena jambatannya sangat rusak, sudah dibangun sangat permanen dengan standar yang cukup kuat..

Dikatakannya pula, kalau sudah selesai ini bisa dimanfaatkan dan tentu juga ini akan menjadi akses bagus yang tembusnya ke Desa Sungai Kudung, akses yang banyak nanti memudahkan warga yang ada di pedesaan, terutama dimanfaatkan oleh masyarakat di dalam membawa hasil pertanian.

Turut hadir dalam monev, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda HSS, Sasmi Rifani, sejumlah kepala SKPD, Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa Mahyuni, Camat Padang Batung Heri Utomo, serta para staf Dinas PUTR HSS.

Baca juga: Wabup HSS ikuti zikir dan do'a kebangsaan Indonesia merdeka

Baca juga: Wabup HSS monitoring dan evaluasi pembangunan TPA dan infrastruktur jalan
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021