Balangan, (Antaranews Kalsel) - Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK PPN) Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, memiliki prosentase kelulusan siswa 100 persen pada Ujian Nasional 2015.

Bupati Balangan H Sefek Effendie, di Paringin, Jumat mengatakan, sangat bangga dengan prestasi yang dimiliki SMK PPN Paringin yang berhasil meluluskan seluruh siswa semester akhirnya.

"Kualitas tenaga pengajar dan kemauan kuat dari para siswa akan menghasilkan pula sumber daya manusia yang baik, karena itulah siswa SMK PPN Paringin bisa lulus 100 persen," katanya.

Sefek juga mengungkapkan, bahwa dari jumlah 41 siswa yang lulus, sebanyak sepuluh siswa dari lulusan SMK PPN Paringin berhasil diterima di Perguruan Tinggi luar Kalsel.

"Cukup menggembirakan ketika mendengar bahwa sepuluh siswa lulusan SMK PPN Paringin berhasil lulus dan diterima di Perguruan Tinggi di Yogyakarta dan Magelang, ini merupakan sebuah prestasi," ujarnya.

Kendati hanya sepuluh siswa yang berhasil menembus perguruan tinggi di luar Kalsel, Sefek mengimbau, agar siswa lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Balangan tidak putus harapan, dan terus melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

"Perguruan Tinggi di Kalimantan Selatan ini tidak kalah bersaingnya dengan Perguruan Tinggi di luar Kalsel, jadi jangan berhenti menggapai cita-cita dan pendidikan yang lebih tinggi," imbaunya.

Jika tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, tambah Sefek bukan berarti kita berhenti mendapatkan ilmu pendidikan untuk masa depan.

"Bagi yang langsung mencari kerja atau berwirausaha, maka teruslah mencari inovasi terbaru dengan mendapatkannya dari dinas terkait, buku dan internet serta semua akses yang ada, karena lulusan SMK sudah mampu mandiri," tambahnya.

Atas prestasi tersebut Sefek juga mengucapkan bangga dan terimakasih atas segala pengabdian para tenaga pengajar yang ada di Balangan, karena atas kerja keras merekalah SDM Balangan ke depan akan lebih baik, ucapnya.

Acara pelepasan kelulusan siswa SMK PPN Paringin sendiri diadakan di halaman SMK PPN Paringin, dan dilepas oleh Bupati Balangan H Sefek Effendie didampingi Kepala Dinas Pendidikan setempat Eddy Yulianto.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015