Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Wartawan di Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menggelar pelatihan jurnalis yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan bertempat di Hotel Candra Batulicin.
    
"Pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dibidang kepemerintahan, khususnya para pegawai yang bekerja dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu," kata Ketua PWI Kabupaten Tanah Bumbu Hernawan, di Btulicin.
    
Ia mengatakan, selain meningkatkan kualitas sumber daya manusia, hal ini juga untuk melatih para pegawai, agar nantinya lebih terampil dalam membuat laporan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh dinas terkait.
    
"Pelatihan jurnalis terhadap para SKPD dan Wartawan merupakan agenda rutin PWI Tanah Bumbu setiap tahunnya, sehingga dengan keberadaan PWI di Tanah Bumbu bisa memberikan kontribusi terhadap pemerintah daerah," kata Hernawan.
    
Ketua PWI Kalimantan Selatan Faturrahman menambahkan, selain untuk memberikan pelatihan jurnalis para peserta juga bisa memahami aturan atauran hukum dan kode etik dalam menyampaikan informasi.
    
Fatur mengharapkan, agar nantinya para wartawan dan para pegawai pemerintah daerah, tidak hanya memberikan informasi terhadap publik tetapi mampu memberikan pengawasan dan kontrol terhadap pemerintah setempat.
    
"Jika mengetahui kinerja pemerintah ini salah dalam kinerjanya katakan salah tetapi harus berimbang, kompeten dan jelas sesuai data, jangan opini yang di informasikan kepada publik" katanya.
    
Ditempat yang sama Bupati Tanah Bumbu Mardani H.Mamming menambahkan, dengan pelaksanaan pelatihan jurnalis bersama antara pegawai pemerintah dengan wartawan ke depannya bisa bekerja sama dalam menyampaikan informasi secara profesional sesuai kode etik jurnalis.
    
"Saya ucapkan terima kasih kepada PWI yang selama ini ikut berperan untuk meciptakan suber daya manusia yang berkompeten khususnya di bidang jurnalis semoga dengan adanya pelatihan dan pemehaman kode etik jurnalis, hubungan pemerintah dengan Wartawan semakin harmonis."  
     

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015