Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA mengimbau warga setempat untuk saling mengingatkan terkait protokol kesehatan (prokes) dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah yang masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Terus menerus lah saling berbuat baik dan saling mengingatkan untuk sama-sama menjalankan protokol kesehatan dalam berjuang mencegah penularan COVID-19 ini," katanya dalam sambutan sebelum Shalat Idul Adha 1442 Hijriah di halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Selasa.
 

Shalat Idul Adha 1442 Hijriah di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin dengan imam Pimpinan Pondok Pesantren Mursyidul Amin KH Rasyid Ridha dan khatib Guru Besar UIN Antasari Banjarmasin Prof Dr H A Fahmi Arief.

Ribuan jamaah mengikuti Shalat Idul Adha yang bertempat di halaman parkir barat bagi jamaah laki-laki dan di dalam ruangan induk Sabilal Muhtadin Banjarmasin bagi jamaah perempuan.

Lebih lanjut, Safrizal menyampaikan salah satu upaya untuk mencegah penularan COVID-19 dalam menjalankan ibadah shalat sunah hari raya ini dan pada pelaksanaan kurban agar tidak menimbulkan kerumunan, harus selalu jaga jarak.

Menurut dia, kewaspadaan harus terus ditingkatkan, karena kasus penularan COVID-19 cukup tinggi, sehingga tidak boleh lengah disiplin protokol kesehatan.

"Semoga kita semua diselamatkan dari penularan COVID-19 ini," tuturnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat yang memiliki kemampuan atau harta yang lebih untuk berkurban di masa pandemi COVID-19 ini.
 

Menurut Safrizal, hendaknya semua bisa gotong royong dalam mengatasi masa sulit karena pandemi COVID-19, saling berbagi dalam kegiatan kurban. "Mudah-mudahan kita semua mendapat keberkahan dalam menjalankan ibadah kurban ini," tuturnya.

Hingga kini kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kalsel yang mencakup 13 kabupaten/kota sebanyak 40.277 orang, yang dinyatakan sembuh  35.566 orang dan meninggal dunia 1.147 orang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021