Balangan, Kalsel, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resor Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, melaksanakan serah terima jabatan serta mutasi Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) dan Kepala Satuan (Kasat) di wilayah hukum kepolisian setempat.


Kapolres Balangan AKBP Sudrajad Hariwibowo di Paringin, Jumat mengatakan, Sertijab ini merupakan hal yang biasa terjadi di kepolisian, ini sebagai proses pembinaan dan jenjang karir para anggota, khususnya perwira.

Disamping rutinitas sehari-hari sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia, ucap Sudrajad, tantangan kedepan semakin banyak, baik di bidang keamanan, sosial budaya, agama, ekonomi, maupun politik.

"Narkoba, obat daftar G yang marak dan merusak generasi muda, kemudian politik sudah mulai menggeliat isu-isu dan pergerakan massa untuk Pilkada baik Gubernur maupun Bupati," sampainya.

Belum lagi bidang Agama, dimana banyak aliran-aliran atau faham yang menyimpang, dan terakhir bidang Ekonomi, dimana nilai dolar terhadap rupiah cukup tinggi, berdampak pada situasi ekonomi.

"Dampak ekonomi cukup berpengaruh pada tingkat kriminalitas, karena menyentuh langsung kepada pribadi seseorang, dimana kebutuhan ekonomi dapat menyebabkan seseorang menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya," pesannya.

Selain itu Kapolres mengingatkan, agar setiap pribadi anggota Polres Balangan bisa menjaga perilaku dan hubungan dengan masyarakat, menjalin sinergitas dengan seluruh komponen dalam melaksanakan tugas di lapangan maupun kehidupan sehari-hari.

"Jaga hubungan baik dengan seluruh komponen, baik stakeholder, masyarakat dan sesama anggota, karena tanpa bantuan masyarakat lainnya, mustahil kita melaksanakan tugas dilapangan dengan baik dan lancar," tegasnya.

Upacara serah terima jabatan Kapolsek yang dilaksanakan di halaman Mapolres setempat dipimpin langsung oleh Kapolres Balangan AKBP Sudrajad Hariwibowo SIK MSi.

Untuk anggota yang promosi dan mutasi jabatan diantaranya, AKP Slamet Hari Wahyudi Kasat Shabara Polres Balangan menjadi Kasubbag Humas Bagops Polres HST, AKP Tukiman Kasat Shabara Polres Banjar menjabat Kasat Shabara Polres Balangan.

Ipda Bambang Yunus Dwianto Kapolsek Juai menjabat Kapolsek Lampihong, Ipda Otto Kapolsek Lampihong dimutasi sebagai Perwira Menengah Polres Tabalong.

Ipda M Naf`an Kanitreskrim Polsek Paringin menjabat Kapolsek Juai, Ipda Agus Sulistiyo Kasattahti Polres Balangan menjabat Kapolsek Awayan, dan Iptu Rudianto Kapolsek Awayan mutasi sebagai Perwira Menengah Polres Balangan.

Sebelum melaksanakan tugas dan jabatan baru mereka, para Kapolsek dan Kasat yang melaksanakan serah terima jabatan, diambil sumpahnya sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing, selanjutnya melakukan penandatanganan surat Sertijab.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015