Sebanyak 134 personel gabungan TNI-Polri diturunkan untuk mengamankan dan menertibkan warga dalam rangkaian pelaksanaan ibadah hari raya Idul Adha 1442H.

Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid, melalui Kepala Bagian Operasional Polres Balangan Sony L Gaol mengungkapkan, 134 personel itu sendiri kami sebar di seluruh kecamatan dalam rangka pengamanan dan menertibkan warga yang tidak mematuhi Prokes COVID-19.

"Titik pengamanan sendiri terdiri dari 12 masjid ditiap kecamatan, selain melakukan pengamanan di masjid kami juga akan memantau situasi terhadap tempat pemotongan hewan. Tujuannya adalah mengantisipasi adanya kerumunan dan pelanggaran Prokes," ungkapnya.

Dia melanjutkan, pihaknya sendiri akan melakukan pemantuan rangkaian ibadah hari raya kurban selama dua hari ke depan, saat pelaksanaan shalat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban.

"Pelaksanaan pengamanan ini sendiri menyasar kepada jamaah yang saat melaksanakan rangkaian ibadah hari raya kurban tidak melakukan protokol kesehatan, di antaranya tidak menjaga jarak dan tidak memakai masker," terang Sony.

Sehingga, ucapnya, kehadiran anggota sangat diperlukan untuk mencegah adanya warga yang melanggar protokol kesehatan itu. Dan yang lebih penting mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Balangan.

"Nantinya, kami saat jamaah melaksanakan rangkaian kegiatan ibadah hari raya Idul Adha akan membagikan masker kepada warga yang tidak memakai masker ke tempat ibadah maupun di tempat pemotongan hewan kurban," pungkasnya.

Terakhir, ia mengimbau, kepada warga masyarakat yang melaksanakan shalat Idul Adha maupun ke tempat pemotongan hewan kurban agar selalu menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan jangan berkerumun, untuk menghindari adanya klaster baru dalam pelaksanaan ibadah hari raya Idul Adha tahun ini.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021