Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kota Ambon menjadi tuan rumah dalam rangka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) pada tanggal 2015 yang dihadiri seluruh wali kota se-Indonesia .
        
Rilis Humas Pemko Banjarmasin diterima Antaranews Kalsel, Senin menyebutkan acara diawali dengan welcome dinner, Selasa (12/5) malam di The Natsepa Resort yang dihadiri oleh seluruh Wali kota se Indonesia atau yang mewakili.

Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin H. Zulfadli Gazali beserta Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Banjarmasin Hj. Masmulya Zulfadli Gazali menyerahkan cindera mata kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy beserta bibit pohon buah rambutan yang akan ditanam pada keesokan harinya (Rabu/5).
       
Dalam sambutannya Wali Kota Ambon mengucapkan  selamat datang kepada seluruh peserta dan berharap agar pelaksanaan APEKSI di Kota Ambon berjalan lancar.
       
Rabu, (06/05) pagi seluruh Wali kota melaksanakan penanaman pohon secara bersama sama yang di pusatkan di halaman Mako Lantamal IX Ambon, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin H. Zulfadli Gazali beserta rombongan dari Pemerintah Kota Banjarmasin juga secara bersamaan melakukan penanaman bibit pohon buah rambutan.
       
Setelah itu acara dilanjutkan dengan, sidang pleno pengesahan jadwal tata tertib sidang, pemilihan pimpinan dan sekretaris sidang pleno yang di pimpin Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.
        
Kemudian rangkaian acara dilanjutkan dengan pawai budaya dari depan Balai Kota Ambon menuju Lapangan Merdeka Ambon. Pawai Budaya dari Kota Banjarmasin di pimpin Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin H. Zulfadli Gazali beserta Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Banjarmasin Hj. Masmulya Zulfadli Gazali dan di ikuti para kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin diantaranya Asisten bidang Pemerintahan, kepala Dinas Pariwisata dan Seni, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta beberapa staf ahli.
        
Dilanjutkan dengan pembukaan Indonesia City Expo 2015 oleh Wali  Kota Ambon dan meninjau stand pameran yang berada di lapangan merdeka Ambon.
         
H.Zulfadli Gazali beserta Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Banjarmasin Hj. Masmulya Zulfadli Gazali juga berkesempatan meninjau stand pemerintah Kota Banjarmasin yang menampilkan kain khas daerah sasirangan, makanan khas daerah serta yang paling diminati adalah stand batu akik milik pemko Banjarmasin dan yang ramai di cari pengunjung adalah red borneo.
         
Keesokan harinya, kamis (07/05) pagi Presiden RI Joko Widodo membuka Rakernas APEKSI 2015 serta Grand Launcing Mangente Ambon 2015 di ballroom The Natsepa Hotel and Resort.

Pada malam harinya Dinas Pariwisata dan seni Kota Banjarmasin tampil pada panggung pentas seni di Lapangan Merdeka Ambon dengan membawakan  lagu karindangan serta lagu pasar terapung dan untuk menghibur warga Kota Ambon, para pelaku seni dari Banjarmasin juga membawakan lagu Sio Mama dari Ambon.
      
Tidak hanya itu saja, dari Banjarmasin juga membawakan tarian bapalas banua dari sanggar perpekindo, pimpinan heriyadi yang merupakan binaan dari Dinas Pariwisata Seni dan Budaya yang disambut dengan antusias dari para penonton.
       
Diakhir penampilannya Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. H. Zulfadli Gazali sebagai ketua rombongan dari Pemerintah Kota Banjarmasin di dampingi Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota Banjarmasin menyerahkan cindera mata kepada Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon berupa kain sasirangan dan boneka bekantan dan di tutup dengan foto bersama seluruh pengisi acara dari Kota Banjarmasin./e

Pewarta: Asmuni

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015