Sekretaris Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Gusti Abidinsyah mengharapkan adanya pembenahan jalan ke objek wisata Bukit Batu di Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel II/ Kabupaten Banjar tersebut mengharapkan itu, sebelum rapat paripurna DPRD provinsi setempat di Banjarmasin, Senin (19/7).

Pasalnya, menurut mantan pejabat pemerintah kabupaten (Pemkab) Banjar itu, objek wisata alam Bukit Batu mempunyai keunggulan tersendiri yang bisa memikat pengunjung.

Sebagai contoh panorama alam Bukit Batu yang dibingkai dengan keindahan pemandangan perairan Waduk Riam Kanan serta lainnya bisa membuat pengunjung tak jenuh.

Apalagi di tengah hijaunya daun pepohonan dengan semilir hembusan angin serta pantulan cahaya dari air Waduk Riam Kanan itu terdapat restoran terapung.

Di restoran terapung itu, pengunjung bisa menikmati segarnya aneka ikan sungai/air tawar yang terdapat di Waduk Riam Kanan.

Keadaan tersebut bukan saja bisa menjadi penggerak ekonomi kerakyatan, tetapi juga sebagai sumber pendapatan daerah, baik bagi pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel maupun pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat.
Seorang wartawati sedang "happy" menikmati objek wisata Bukit Batu dengan panorama alam kawasan Waduk Riam Kanan di Kabupaten Banjar, Kalsel. (Istimewa)

"Namun sayangnya jalan ke objek wisata Bukit Batu tersebut sekarang masih kurang baik," ujar wakil rakyat dari Partai Demokrat tersebut.

"Mungkin Tahun 2022 jalan ke Bukit Batu bisa agak lumayan seiring kelanjutan pembangunan jalan bebas hambatan Banjarbaru  - Batulicin, ibukota Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalsel," lanjutnya.

Ia menerangkan, lebar jalan bebas hambatan Banjarbaru - Batulicin mencapai 15 meter. "Jalan tersebut melintasi kawasan objek wisata Bukit Batu," demikian Gt Abidinsyah.

Jarak objek wisata Bukit Batu tidak terlalu jauh dari kota Kota Banjarbaru dan Martapura, ibukota Kabupaten Banjar, serta Banjarmasin, ibukota Kalsel.

Dengan naik mobil atau sepeda motor ke Bukit Batu tersebut makan waktu lebih kurang satu jam perjalanan dari Banjarmasin atau setengah jam dari Banjarbaru.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021