Barabai,  (AntaranewsKalsel) - Pemerintah melalui PT Pos Indonesia mulai membagikan dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 2.568 warga kurang mampu di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Barabai, Sumista di Barabai, Senin mengatakan, jumlah penerima dana PKH di Kabupaten Hulu Sungai Tengan (HST) sebanyak 2.568 orang dengan total bantuan berjumlah Rp730.022.500.

Salah satu daerah yang telah menerima penyaluran dana PKH tersebut adalah warga di Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS), yang pembagiannya dihadiri oleh Bupati HST Harun NUrasid.

"Bagi penerima dana PKH di Kecamatan BAS sebanyak 294 orang dengan total anggarannya sebanyak Rp79.787.500," katanya.

Bantuan PKH yang dibagikan setiap tiga bulan sekali itu merupakan salah satu dari upaya pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan, dengan sasaran Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) khususnya ibu hamil, memiliki bayi dan anak sekolah hingga SMP.

Pembagian dana tersebut dilaksanakan di depan Kantor Pos Birayang Kecamatan Batang Alai Selatan, sesuai dengan data yang telah ditetapkan.

Sementara itu, kehadiran Bupati HST Harun Nurasid pada acara pembagian tersebut, disambut cukup antusias oleh warga, dengan ada yang berebut untuk menjabat tangan, juga foto bersama menggunakan kamera handphone.

Bupati Harun Nurasid berharap, peran pendamping PKH sangat penting keberadaannya, agar pembagian dana tersebut, sesuai dengan anggaran yang ditentukan, dan dilaksanakan tepat sasaran.

"Peran pendamping PKH sangatlah penting guna kelancaran proses pembagian bantuan tunai bersyarat tersebut," katanya.

Lebih lanjut, ia juga mengharapkan kepada seluruh penerima dana PKH agar menggunakannya dengan sebaik-baiknya, terutama untuk pendidikan anak-anaknya.

"Pendidikan dan kesehatan anak sebagai generasi penerus bangsa sangatlah penting, sehingga harus kita perhatikan secara terus menerus," ungkapnya.

Selain di Kecamatan Batang Alai Selatan, pembagian dana program PKH akan dilanjutkan ke beberapa kecamatan lainnya, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Pewarta: ulul maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015