Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar menggelar donor darah yang diikuti pegawai dalam rangka peringatan Hari Bakti Adhyaksa ke-61 yang hasilnya disumbangkan kepada Palang Merah Indonesia setempat. 

Kepala Kejaksaan Negeri Banjar Hartadhi Cristianto di Kota Martapura, Jumat mengatakan, pihaknya memilih donor darah untuk membantu PMI Banjar yang kekurangan stok darah terutama ditengah pandemi COVID-19. 

"Saat ini, ditengah pandemi COVID-19, stok darah PMI kekurangan sehingga kami berupaya membantu agar stok darah bisa ditambah melalui donor darah pegawai kejari yang jumlahnya mencapai 30 kantong," ujarnya. 

Ditekankan, pegawai yang menjadi pendonor sebelumnya menjalani pemeriksaan mulai dari riwayat penyakit hingga tes swab PCR dari laboratorium untuk memastikan darahnya sehat. 

"Pengambilan darah juga mengikuti protokol kesehatan mulai dari pakai masker, cuci tangan, menjaga jarak hingga tidak berkerumun dan semua itu protokol tetap yang juga dijalankan di lingkungan kejari," ungkapnya. 

Disebutkan, kegiatan lain yang sudah dilaksanakan, pada Selasa (13/7) dalam menyemarakan HBA adalah pembagian paket sembako kepada masyarakat, pedagang pasar hingga korban kebakaran.

Selain itu, juga dilakukan anjangsana kepada pensiunan pegawai kejaksaan dan menyerahkan bantuan sembako bagi mereka yang sudah mengabdikan diri di korps Adhyaksa hingga habis masa tugasnya. 

"Puncak kegiatan dilaksanakan pada hari lahir Adhyaksa pada 22 Juli 2021 yakni upacara virtual dengan Jaksa Agung bersama jajaran kejaksaan yang kami ikuti bersama kasubagbin dan para kasi," ucapnya. 

Ditambahkan, kegiatan lain yang dilaksanakan sehari sebelumnya yakni upacara virtual dalam rangka HUT XXI Ikatan Adhyaksa Dharmakarini tahun 2021 sekaligus penyerahan bantuan kepada anak berprestasi.

"Kami juga menggelar berbagai lomba di lingkungan Kejari Banjar dengan tujuan menyemarakan Hari Bakti Adhyaksa sekaligus mempererat tali silaturahmi antarpegawai kejaksaan," katanya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021