Polsek Banjarmasin Timur melakukan sosialisasi terhadap aplikasi "Siaga Gasan Banua" (Sigab) di tengah peserta vaksinasi COVID-19 yang hadir di Polsek setempat.

"Memang benar, saat ini Polsek sedang melaksanakan vaksinasi dan sekaligus kami sosialisasikan aplikasi 'Sigab' kepada warga," kata Kapolsek Banjarmasin Timur AKP Pujie Firmansyah di Banjarmasin, Selasa.

Dikatakannya, aplikasi Sigab ini penting diketahui agar bisa membantu masyarakat apabila ingin mendapatkan pelayanan kepolisian.

Untuk diketahui, aplikasi Sigab bisa di instal melalui playstore itu dan memiliki sembilan fitur yang dapat membantu masyarakat meminta pelayanan polisi secara daring.

"Aplikasi tersebut bisa diakses oleh 'smartphone' dengan system operasi Android 6.0 atau Android versi terbaru," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan menambahkan.

Aplikasi polisi daring ini memiliki sembilan fitur untuk membantu masyarakat yaitu pendaftaran SIM, pengawalan, ujian psikologi, pendaftaran SKCK, SP2HP Online, pendaftaran SKBN, Surat Keterangan Kehilangan, Profil Pengguna dan adanya tombol darurat atau panic button.

"Fitur tombol darurat adalah layanan quick respon dimana pelapor saat menekan tombol tersebut maka anggota polisi/operator akan segera merespon-nya," ujar Kapolresta Banjarmasin.

Kombes Rachmat juga mengatakan bagi warga yang ingin memperpanjang SIM dan SKCK dapat mengisi formulir dengan mengakses aplikasi tersebut.

Sekarang semua serba mudah dengan teknologi, mau perpanjang SIM atau SKCK tidak perlu datang dan mengantri ke kantor polisi, cukup dari aplikasi Sigab mengisi formulirnya kemudian datang tinggal di scan dan bisa langsung diambil, tanpa harus antre.

Pewarta: Wibhi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021