Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina melepas 58 atlet yang dikirim untuk mengikuti Pekan Olahraga Daerah SOina (Special Olympic Indonesia) tingkat provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Banjar pada 1--4 Juli 2021.

Pelepasan kontingen atlet SOina Banjarmasin yang akan mengikuti 10 cabang olahraga tersebut dilaksanakan di Balaikota Banjarmasin, Kamis. Hadir Sekdakot Banjarmasin Mukhyar, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banjarmasin Taufik Rivani dan Ketua SOina Banjarmasin H Hesly Juniarto.

Dilaporkan Ketua SOina Kota Banjarmasin H Hesly Juniarto, bahwa sepuluh cabang olahraga yang diikuti itu adalah atletik, bola voli, bocce, senam ritmik, tenis meja, bulu tangkis, bola tangan, renang, futsal putra/putri.

"Para atlet kita sudah sangat siap bertanding, target juara umum," ujarnya.

Karena kegiatan ini masih di tengah masa pandemi COVID-19, Hesly Juniarto menyatakan, pengawasan ketat diutamakan, agar para atlet aman dari tertular virus.

"Makanya ada 18 pelatih dan 18 pendamping atlet yang ikut," ujarnya.

Ibnu Sina memberi semangat kepada para atlet berkebutuhan khusus atau tunagrahita ini agar mampu mempersembahkan yang terbaik atau prestasi untuk kota Banjarmasin dalam seluruh cabang olahraga yang dilombakan.

"Hari ini menjadi hari yang bersejarah bagi kita semua karena dari hari ini sampai tanggal 4 Juli kita mengikuti PORDA ke V Soina tingkat provinsi, ulun (saya) yakin dan percaya dengan seluruh atlet yang siap untuk bertanding, insyaAllah siap mempersembahkan medali emas untuk kota Banjarmasin," kata H Ibnu Sina.

Ia juga menyebut Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin hanya berjarak kurang lebih satu jam, oleh karena itu, H Ibnu Sina menekankan prinsip kepada para atlet agar mampu menganggap bertanding di rumah sendiri sehingga dapat meraih hasil yang terbaik.

"Karena memang dalam setiap even, olahraga, keagamaan, Banjarmasin ini biasanya langganan juara umum, oleh karena itu pertahankan, mudah-mudahan para atlet sehat dan selamat semuanya, Insya Allah mendapat hasil yang terbaik tahun ini," ucapnya.

"Ulun yakin dan percaya para atlet sudah berlatih dengan giat dan sungguh-sungguh, nah hari ini lah pembuktiannya," tutupnya. 

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021