Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tanah Laut, Kalimantan Selatan Luffiati Uyun mengatakan, olahraga yoga mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut untuk bisa dikenalkan secara luas di Bumi Tuntung Pandang. 

"Selamat kepada pengurus yang baru dilantik, semoga dengan dibentuknya kepengurusan baru,  yoga tidak hanya  dikenal di kota saja, tapi sampai ke desa," pesannya pada acara Pelantikan Pengurus Perkumpulan Praktisi Yoga Nasional Indonesia (PPYNI) Kabupaten Tanah Laut periode 2021-2026,di Aula Kediaman Wakil Bupati Tala, Rabu (30/6).

Dia berharap, olahraga yoga bisa menjadi alternatif masyarakat dalam menjaga kesehatan, khususnya selama Pandemi COVID-19.

"Harus aktif bergerak hingga lanjut usia. Pandemi bukan halangan, tapi harus bergerak, jaga kesehatan tubuh, juga kesehatan mental, dan udara, tapi juga do'a membantu. Yoga bisa mengurangi rasa stress, membantu rileks, menenangkan pikiran. Secara rutin juga akan melatih fokus, fisik dan mental," jelasnya.

Sementara itu, Yenny Frida Luntungan Ketua PPYNI Provinsi Kalimantan Selatan turut bangga dengan potensi perkembangan yoga di Kabupaten Tanah Laut terlihat dari antusiasme pesertanya. 

Dia berharap,  masyarakat bisa menerima yoga sebagai olahraga murni untuk menjaga kesehatan.

"Bukan dari gerakannya yang spektakuler, kami juga edukasikan kesehatannya. Ini adalah murni olahraga dari teknik kesehatan,"terangnya.

Yenny juga menyampaikan,  sementara ini terdapat tiga instruktur di Kabupaten Tanah Laut yang potensial, namun belum mendapatkan sertifikasi. 

Menjawab kebutuhan sertifikasi tersebut, Kepala Dispora Tala Luffiati Uyun menyebutkan,  pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan agar para instruktur di Tanah Laut dapat mengikuti sertifikasi sebagai pelatih yoga.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021