Sebanyak 54 orang mahasiswa dan mahasiswi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang telah menyelesaikan karya tulis ilmiah berupa tugas akhir, skripsi, dan tesis mendapat apresiasi berupa dana dari Pemda setempati sebagai pembinaan.

Penyerahan Penghargaan Tahap I Tahun 2021 ini diserahkan Bupati HSS, H Achmad Fikry dilaksanakan di Gedung Pramuka Kandangan, Selasa (29/6), para mahasiswa yang mendapat penghargaan ini menempuh pendidikan di universitas atau perguruan tinggi di berbagai tempat baik di Kalimantan Selatan (Kalsel) hingga luar Kalsel.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, di Kandangan, mengatakan ini sebagai bentuk penghargaan yang terus diberikan kepada warga yang berprestasi di bidang akademis, dan agar menjadi penyemangat bagi yang lain, penghargaan ini telah ada standar yang ditetapkan seperti yang sudah di sampaikan Kepala Bagian Kesra tadi.

"Salah satunya IPK mereka minimal harus 3,25. Ini bukan uang untuk di bagi-bagi, ini uang untuk mereka yang berprestasi dan diharapkan dapat menjadi penyemangat,” katanya, dalam sambutan, bertempat di Sanggar Pramuka, Kandangan.

Dijelaskan dia, untuk mendapatkan bantuan mereka tidak perlu datang ke kantor kesra lagi, namun cukup dengan aplikasi online melalui situs mapres.hulusungaiselatankab.go.id, di sini mereka dapat dengan mudah mengisi formulir dan data yang diminta.

Dengan menggunakan aplikasi untuk memfasilitasi mahasiswa yang telah selesai kuliah, sebelumnya pihaknya juga telah memberangkatkan dari santri dan santriwati dari pondok. Diharapkan upaya ini dapat terus berlanjut untuk mewujudkan visi kabupaten dalam meningkatkan sumber daya manusia.

Salah satu penerima bantuan, Abdurrahman, mengucapkan terimakasih atas bantuan penghargaan yang diterima kepada Bupati HSS dan jajaran Pemkab HSS, yang sangat peduli terhadap pendidikan anak banua yang telah selesai melaksanakan tugas akhir, yakni sebuah karya tulis ilmiah baik penelitian skripsi, tesis maupun disertasi.

"Alhamdulillah kami diberikan kemudahan dalam proses permohonan bantuan ini cukup dengan melalui aplikasi online,  di sini dengan mudahnya kami dapat mengisi formulir dan data yang diminta sehingga kami cukup mengisinya di rumah. Segala penghargaan dan kemudahan ini sesuai dengan visi dan misi Kabupaten HSS,” katanya.

Penghargaan diserahkan Bupati HSS H. Achmad Fikry didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Efran, penghargaan diserahkan secara simbolis kepada tiga orang perwakilan mahasiswa.

Turut hadir, Kepala BPKPD HSS H. Nanang FMN, Kepala Disdikbud HSS Hj. Siti Erma, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan H. Syaifullah serta Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah H. Fajar Abdi.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021