Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting, karena akan menentukan sehat tidaknya tubuh kita. Jika tidak menjaga kesehatan tubuh, maka  berbagai penyakit lebih  masuk ke dalam tubuh.

Untuk mengakrabkan dan menjalin kebersamaan, Danlanud mengajak para anggotanya untuk menjaga staminanya dengan selalu melakukan kegiatan olahraga secara teratur dan terukur serta melaksanakan program-program yang terkait dengan kesamaptaan jasmani seluruh anggotanya.

Salah satunya adalah pelaksanaan bersepeda bersama atau kata lainnya dinamakan GOWES. Rabu, (15/4).
 
Ada banyak cara untuk mengolah badan agar menjadi sehat dan bugar, mulai dari konsep olahraga ringan hingga mengedepankan gaya hidup bersih, atur pola makan dan memenuhinya dengan mengkonsumsi multivitamin.

Pada event Gowes kali ini,  Danlanud SAM Letkol Pnb Erwin Sugiandi mengajak para goweser menikmati olahraga sepeda gunung dengan variasi rute yang menarik.

 Iring-iringan keluar Mako melalui Lapangan Angkasa Lanud SAM melewati jalan Tegal Arum kearah lapangan Tembak Lanud SAM, kemudian berputar ke jalan Lingkar Utara lalu perumahan komplek Pangkalan Lanud SAM dan finish di Mako Lanud SAM, dengan jarak tempuh kurang lebih 12 Km.

"Kegiatan ini agar tetap terpelihara, dipertahankan dan terjadwal. Selain untuk sehat berolahraga, Gowes ini  juga dimanfaatkan untuk dapat memupuk hubungan silaturahmi sesama keluarga besar Lanud SAM dan masyarakat sekitar, agar TNI Angkatan Udara khususnya Lanud SAM lebih dikenal keberadaannya serta bisa semakin di cintai rakyat," kata Danlanud SAM Letkol Pnb Erwin Sugiandi.

Dari awal start rute perjalanan sepanjang kurang lebih 12 km tersebut, peserta memacu sepeda dengan kecepatan rata rata 30-40 km/jam dengan medan jalan berbatu, berlubang, berair dan berlumpur.

Beberapa peserta kewalahan saat melewati jalan berlubang, berair dan berlumpur hingga sepeda pun terpaksa diangkat agar dapat melewati genangan air lumpur guna dapat melanjutkan perjalanan.

Tingkat kesulitan medan yang sulit tersebut membuat beberapa peserta kewalahan dan terpaksa berhenti beristirahat sejenak karena terlalu lelah. Semangat Waja Sampai Kaputing membawa sebagian peserta untuk semakin tertantang untuk melanjutkan perjalanan, hanya sedikit peserta yang terpaksa menempuh rute dengan menuntun sepeda.

Kegiatan olahraga Gowes ini bertujuan membina kesamaptaan prajurit, juga meningkatkan soliditas dan Espirit de Corps antar sesama prajurit. Dengan dilaksanakan kegiatan semacam ini diharapkan akan lebih mempererat tali persaudaraan, kekeluargaan, kekompakkan dan ikatan batin diantara keluarga besar Lanud SAM.

Dengan bersepeda bersama seperti ini memberi manfaat yang besar kepada jasmani dan rohani serta meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar, sebagai usaha untuk lebih mendekatkan hubungan kekeluargaan antar anggota khususnya, maupun dengan masyarakat luar umumnya.
 

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015