Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad menghadiri pelantikan pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten HSS periode tahun 2021-2025 yang diketuai Haji Kartoyo.

Ia mengatakan, kehadiran KORMI bisa menjadi pembinaan bagi olahraga rekreasi yang mengangkat kearifan lokal, mengobati kerinduan akan olahraga tradisional dan membuat kegembiraan, sekaligus mengenalkan kembali kepada generasi muda atau milineal.

"Sebagaimana kita ketahui generasi sekarang mainannya gadget dan mulai jauh dari permainan tradisional, sehingga dengan hadirnya KORMI bisa membangkitkan kenangan indah dan membangkitkan gairah untuk menggali potensi kearifan lokal kita," katanya, saat memberikan keterangan, di All Outbond Camp, Loksado.

Baca juga: Pengurus KORMI Kabupaten HSS periode 2021-2025 resmi dilantik

Dijelaskan dia, mengucapkan selamat seluruh pengurus yang pada hari ini dilantik hari ini sebagai pengurus KORMI Kabupaten HSS, dan sebagaimana sambutan tertulis Bupati HSS H Achmad Fikry pada prinsipnya kegiatan olahraga, terutama organisasi rekreasi semacam ini menjadi sangat penting.

Utamanya bagi masyarakat apalagi di tengah-tengah terjadinya pandemi COVID-19, kegembiraan bisa meningkatkan imunitas tubuh saat berhadapan dengan situasi seperti sekarang, dan apalagi olahraga rekreasi mengangkat potensi dari kearifan kearifan lokal yang ada di daerah HSS.

Ini tentu sangat erat kaitan emosionalnya dan kalau ingin nanti diadakan untuk umum maka masyarakat akan menyambut dengan sangat respon, seperti bagi generasi-generasi tahun 90-an atau di atasnya lagi, dan terkhusus bagi generasi di atas 90-an tentu akan menjadi hal sangat menarik bagi mereka.

Baca juga: Audiensi INATKF dan Kadispora Kalsel, hadirkan 13 atlet HSS peraih medali emas internasional

"Dulu kita bermain "babimbitingan, batawak balik, bapidak, balogo, bakalikir", semuanya mudahan bakal bisa dihadirkan kembali di KORMI, kalau mungkin belum ada juga agar diangkat kembali secara lokal, supaya tetap terjaga misalnya pada pembinaan di bidang-bidang KORMI," katanya.

Pihaknya dari pemerintah daerah juga siap bekerjasama dengan KORMI, untuk anggaran hibah sudah diusulkan dan nantinya agar dibahas bersama untuk arah realisasinya, serta berharap agar pengurus KORMI dapat menjalankan tugas untuk kebaikan bersama.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021