Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, terus berupaya meningkatkan pelayanan masyarakat melalui program gojek gizi balita atau gozib.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan pada DPMD Tanah Bumbu Maulida Hayati, di Batulicin Kamis mengatakan, aksi perubahan ini bagian dari rangkaian pelatihan kepemimpinan administrator angkatan II periode 2021.

"Tujaunnya adalah untuk meningkatkan penyelenggaraan pengembangan kapasitas masyarakat perdesaan dengan menggunakan peranan kader pembangunan manusia (KPM," katanya.

Dia mengatakan, dengan memberikan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada balita yang kurang gizi dengan operasional dana desa lewat kunjungan rumah. Maka hal tersebut dapat meningkatkan kualitas SDM.

Secara teknis, gozib ini adalah pelayanan antar PMT ke rumah secara gratis yang dilakukan oleh KPM, antar gratis PMT tersebut yakni dimulai dari tenaga gizi mengolah menu untuk anak yang terdampak malnutrisi.

Menu tersebut dimasak oleh kader pembangunan manusia. Kemudian di antar ke rumah warga penerima PMT. KPM bersama tenaga kesehatan akan terus memantau tumbuh kembang anak tersebut.

"Harapanya semua desa dan kelurahan menerapkan Inovasi GOZIB ini  untuk mengatasi permasalahan kesehatan terutama yang  malnutrisi," pungkasnya.
 

Pewarta: Sujud/Diskominfo

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021