Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Keluarga Besar Lanud Sjamsudin Noor melaksanakan upacara puncak peringatan HUT TNI AU ke 69 Tahun 2015, secara sederhana  di Lapangan Apel Lanud Sjamsudin Noor dengan diikuti oleh seluruh anggota Lanud SAM.

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Erwin Sugiandi memimpin langsung upacara yang diawali pembacaan sejarah singkat TNI Angkatan Udara dan amanat Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna.

"Sejak kelahirannya 69 tahun silam Angkatan Udara berperan aktif  menyelenggarakan pembinaan dan kesiapsiagaan operasional, melaksanakan operasi udara dalam penegakkan kedaulatan Negara di udara serta mendukung kedaulatan Negara di darat dan di laut," kata Danlanud Letkol Pnb Erwin Sugiandi.

Permasalahan terorisme dan perkembangan gerakan radikal ISIS (The Islamic State of Iraq and Syria) sangat mengkhawatirkan serta meresahkan umat beragama.

Hal tersebut harus disikapi dengan serius serta penuh kehati-hatian untuk merumuskan pencegahan mulai dari luar negeri maupun pencegahan masuk kedalam Negeri, tambah Erwin Sugiandi dalam sambutan Kasau tersebut.

Selain itu, permasalahan ilegal fishing, ilegal logging, human traficking dan peredaran serta kejahatan narkoba juga tantangan yang memerlukan peran serta TNI AU bersama komponen bangsa lainnya untuk mencari solusi  yang menyentuh pemecahan akar permasalahan.

Peringatan HUT TNI AU ke 69 yang dihadiri Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan tersebut mengusung tema “Dilandasi Iman dan Taqwa, Militan, Profesional dan Solid, TNI AU Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI serta Mendukung Terwujudnya Poros Maritim Dunia.”

Tema tersebut sesuai dengan kebijakan pemerintah dan  semangat Swa Bhuwana Paksa, TNI AU siap melaksanakan dan menjalankan tugas pengabdiannya mempertahankan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan memiliki semangat jiwa juang yang handal dan pantang menyerah.

Dalam memperingati HUT TNI AU ke 69 ini Lanud Sjamsudin Noor sebelumnya telah melaksanakan bhakti sosial donor darah, penanaman pohon, lomba menembak, turnamen bola basket Danlanud Cup 2015 dan ziarah ke TMP Bumi Kencana Landasan Ulin Banjarbaru.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015