Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) HSS melaksanakan pelatihan bagi 100 tutor kesetaraan Paket A, B, dan C, dibuka Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad FIkry, di Aula UPTD SKB setempat.

Panitia Pelaksana, Hj. Pahrina Diati, di Kandangan, Rabu (9/6), mengatakan pelatihan ini akan dilaksanakan selama lima hari dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, maka dalam pelatihan Tutor ini, dikarenakan tidak memungkinkan dijadikan dalam satu ruangan.

"Dengan banyaknya jumlah peserta sehingga peserta dibagi pada beberapa ruangan yang berbeda, dan dihubungkan dengan menggunakan aplikasi zoom meeting," katanya, saat menyampaikan laporan.

Dijelaskan dia, peserta pelatihan sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari, SPNF SKB HSS tujuh orang, PKBM Harapan Kita, Sungai raya tujuh orang, PKBM Sumber llmu, Telaga Langsat enam orang, PKMB Melati Kandangan tujuh orang.

Baca juga: GNOTA HSS serahkan 53 paket bantuan pendidikan di Daha Barat

PKBM Dalam Pagar Kandangan delapan orang, PKBM Amandit Kandangan tujuh orang, PKBM Belimbing Loksado tujuh orang, PKBM Pelangi Harapan Padang Batung enam orang, PKBM Purun Kalumpang enam orang.

Selanjutnya, PKBM Surya Muda Simpur tujuh orang, PKBM Sinar Marta Jiwa Angkinang tujuh orang, PKBM Sinar Daha Daha Selatan enam orang, PKBM Darul Amin Daha Utara enam orang, serta PKBM Mambaul Ulum Daha Barat enam orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSS, Hj. Siti Erma, mengatakan giat ini merupakan giat bersama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

"Giat ini bersinergi dengan program kegiatan TP PKK HSS yaitu dalam Pokja II, ada program mengelola pendidikan dan keterampilan dan pengembangan kehidupan berkoperasi. Program Kesetaraan ini juga diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan," katanya.

Baca juga: Pembinaan OPD, Bupati HSS disambut wanita jajaran Disdik berbusana Kebaya

Ia berpesan kepada Pelatihan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), karena bertempat di desa maka agar ada koordinasi atau kerjasama yang baik antara PKBM dengan TP PKK desa sehingga data yang didapat bisa akurat.

Adapun pelatihan diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi para tutor atau pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga non formal, atau yang disebut juga dengan Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, Dan C di Kabupaten HSS.

Ketua TP PKK HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry,  menyatakan menyambut baik diadakannya pelatihan tutor ini,  saat ini Pendidikan Kesetaraan di HSS telah terasa peran pentingnya, apalagi dengan adanya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang pemerintah daerah dan PP Nomor 2 tahun 2018, tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Kesetaraan.

"Kepada para peserta agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sebaik-baiknya, hingga memperoleh manfaat yang maksimal dan bisa diterapkan dalam pelaksaan tugas nantinya," katanya, dalam sambutan membuka acara dan turut dihadiri Wakil Ketua I TP PKK HSS, Srie Astuti Syamsuri Arsyad.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021