Tinggal menghitung jam pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2020 segera dimulai, Ketua KPU Kalsel Sarmuji di Binuang, Selasa, mengatakan apabila pelaksanaan PSU prosesnya tidak benar bisa diulang kembali. 

"Tergantung kepada pelaksanaannya kalau pelaksanaannya banyak hal hal yang tidak benar dilakukan bisa saja PSU lagi," ujarnya kepada awak media.

Apabila prosedur pelaksanaan PSU dilaksanakan secara benar Dia mengatakan tidak ada yang perlu digugat oleh salah satu pasangan calon. 

"Mahkamah Konstitusi memang memberi peluang untuk PSU lagi," ujarnya. 

Sampai saat ini tidak ada laporan kecurangan yang masuk ke KPU Kalsel, dikatakannya apabila terjadi PSU ulang akan menghambat proses pembangunan di Kalsel. 

Dikatakannya, semua daerah yang menyelenggarakan PSU rawan akan kecurangan, maka dilakukan penjagaan yang ketat. 

Sementara itu Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA mengharapkan pelaksanaan PSU dapat berjalan dengan lancar hingga dapat memparipurnakan gubernur dan calon gubernur yang terpilih secara demokratis di Kalsel. 

"Kita berharap besok 9 Juni pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan dari KPU supaya prosesi Pilgub Kalsel 2020 dapat segera bisa kita Paripurna kan, kita selesaikan," ujarnya. 

 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021