Martapura, (Antaranews Kalsel ) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Sultan Khairul Saleh, optimistis laporan keuangan tahun 2014 meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan.


"Kami optimistis laporan keuangan pada 2014 meraih opini WTP sekaligus mempertahankan opini WTP yang telah dicapai tahun 2013," ujarnya di Kota Martapura, Selasa.

Ia mengatakan, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Banjar tahun 2014 sudah diserahkan kepada Perwakilan BPK RI Kalsel di Banjarbaru, Senin (30/3).

Disebutkan, pihaknya berupaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas sistem pengelolaan keuangan sesuai standarisasi dan peraturan perundang-undangan.

"Kekurangan penyajian laporan keuangan akan diperbaiki dan kualitas sistem pengelolaan keuangan juga ditingkatkan agar sesuai standar dan aturan yang berlaku," ungkapnya.

Menurut dia, keberhasilan meraih opini WTP bagi pemerintahan daerah bukan titik akhir dalam meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan yang dijalankan pemerintah daerah.

Hal itu, kata dia, justru sebagai pintu masuk untuk lebih bekerja keras dalam mengelola keuangan daerah sesuai standar akuntansi yang telah digariskan negara.

"Opini WTP menjadi tantangan bagi pemerintah daerah mempertahankan di tahun masa mendatang dengan terus memacu kinerja aparatus secara profesional," ucapnya..

Dikatakan, mempertahankan opini WTP merupakan tantangan terberat sehingga segera mempersiapkan pemikiran dan aparatur profesional dalam mengelola keuangan daerah.

Ditambahkan, pihaknya meminta pimpinan SKPD mampu memberikan bimbingan pengelolaan keuangan daerah kepada staf yang menjadi bagian dari sistem kerja.

  "Bimbingan diperlukan untuk mencegah kesalahan prosedur dalam pengelolaan keuangan daerah melalui sistem kerja yang berstandar sesuai peraturan," katanya.   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015