Balangan, (Antaranews Kalsel) - Jajaran Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, memperingati ulang tahun ke-94 di halaman kantor bupati setempat.


Bupati Balangan H Sefek Effendie di Paringin, Selasa mengatakan, dalam upaya optimalisasi pelayanan dasar kepada masyarakat dari bahaya kebakaran maka Damkar harus memiliki beberapa indikator.

Diantaranya ujar Sefek indikator tersebut meliputi cakupan pelayanan pemadam kebakaran, tingkat tanggap respon yang dibedakan dalam tingkat wilayah.

"Indikator itu meliputi jumlah dan kualitas anggota pemadam, serta jumlah mobil pemadam bermuatan diatas 5000 liter air perwilayah dengan tingkat kesulitan lintasan yang berbeda," katanya.

Selain itu ungkap Sefek, banyaknya pembukaan lahan dengan cara dibakar menambah besarnya kemungkinan kebakaran, sementara jumlah pemadam terbatas bahkan memerlukan waktu mencapai titik api.

Sangat penting adanya peningkatan peran Institusi Pemadam Kebakaran dan Satuan Kerja Perangkat Daerah yang terkait dalam inspeksi peralatan dan sarana proteksi dini kebakaran.

Ia menambahkan, pemberdayaan komunitas sukarelawan pemadam kebakaran yang disebut balakar menjadi garda terdepan dalam melakukan pencegahan, pengendalian, dan pemadaman dini kebakaran pemukiman, hutan dan lahan gambut.

Peringatan ulang tahun ke-94 pemadam kebakaran digelar Senin (23/3) di halaman Kantor Bupati Balangan, diikuti oleh petugas pemadam se Balangan, PMI Balangan, tim TRS BPBD Balangan serta Tim SAR dari unsur TNI dan Polri.

Pasukan pemadam kebakaran juga melaksanakan atraksi dan simulasi dalam menggunakan peralatan pemadam kebakaran serta kekompakan cara memadamkan api saat terjadi kebakaran.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Balangan H Sefek Effendie menyerahkan bantuan secara simbolis berupa selang pemadam kebakaran kepada tiga buah Badan Pemadam Kebakaran.***4***



(T.KR-HLN/C/H005/H005) 24-03-2015 22:42:07

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015