Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, mengajak segenap komponen masyarakat turut membantu mensosialisasikan pentingnya vaksinasi guna mencegah penularan covid 19.

Imbauan serupa juga disampaikan  Safrizal saat memberikan pengarahan sekaligus membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKK Kalsel Tahun 2021 di Kediaman Gubernur, Banjarmasin (24/5).

"Kami juga minta bantuan tim PKK untuk menggerakkan proses vaksinasi bagi masyarakat," ajak Safrizal.

Proses vaksinasi bagi manula saat ini terus berjalan. Namun, perlu partisipasi tim PKK untuk mewujudkan tercapainya vaksinasi di seluruh kalangan masyarakat, terutama kelompok rentan.

Ketua Pembina PKK Kalsel ini juga meminta tim penggerak dan para kader untuk senantiasa menjadi teladan dalam menegakkan protokol kesehatan.

"Dengan partisipasi PKK yang tanpa sekat, maka program prokes 3M, 4M, atau 5M dapat berjalan sebagaimana mestinya."

Menurut Safrizal, gerakan PKK mampu bergerak lebih cepat dan membumi di masyarakat. 

PKK pun berperan penting dalam membantu menangani isu-isu strategis terkait kualitas hidup manusia, mulai dari menekan angka stunting sampai kematian ibu dan anak.

Sementara itu, Penjabat Ketua TP PKK Kalsel, Safriati Safrizal, menyampaikan Rakerda hari ini menjadi momentum yang tepat untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan PKK agar semakin dekat keberadaannya bagi masyarakat.

"Saya yakin, dengan program kerja yang terukur, PKK akan jadi mitra pemerintah yang optimal. Ini karena karena PKK mampu menyasar masyarakat sampai ke tingkat pedesaan," ucap Safriati.

Ia juga mengatakan, TP PKK Kalsel terus berupaya menurunkan angka pernikahan anak usia dini, yang berpengaruh pada penurunan angka stunting dan kematian ibu dan anak. 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021