Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tabalong mengadakan rapat koordinasi rencana pengembangan potensi ekonomi desa binaan guna meningkatkan Indeks Desa Membangun.

Kepala Bappeda Kabupaten Tabalong Muhammad Noor Rifani mengatakan, saat ini ada 12 desa binaan atau percontohan yang diharapkan bisa meraih status IDM mandiri.

"Kita menargetkan 2024 sebanyak 12 desa percontohan bisa meraih status IDM mandiri," jelas Rifani.

Dalam RPJMD Kabupaten Tabalong target Indeks Desa Membangun 2020 adalah 0,6875 (berkembang) sedangkan target akhir periode RPJMD 2024 adalah 0,7150 (maju).

Rifani menyebutkan 2020 sendiri telah dicapai skor IDM 0,6607 (berkembang) dan angka ini lebih tinggi dari capain Provinsi Kalimantan Selatan yaitu 0,6481 (berkembang).

Kepala Bidang Sosial Budaya dan SDM Bappeda Kabupaten Tabalong Ida Hastuti menyampaikan saat ini di Kabupaten Tabalong belum ada desa dengan status mandiri karena itu perlu upaya dongkrak IDM.

Selanjutnya usulan potensi ekonomi desa sebagai upaya meningkatkan IDM yang disampaikan dalam rakor tersebut diharapkan dapat bersinergi dengan desa untuk mengembangkan potensi di wilayah masing - masing.

 "Tiap desa percontohan menyampaikan rencana potensi ekonomi yang ingin dikembangkan termasuk kendala pengembangannya ," jelas Ida.

Usulan potensi ekonomi desa antara lain dari Desa Harus Kecamatan Muara Harus berupa perkebunan karet dan pertanian.

 Di Desa Pudak Setegal Kecamatan Kelua potensi ekonomi desanya mencakup perdagangan dan Jasa serta koperasi simpan pinjam.

Sementara itu berdasarkan Keputusan Bupati Tabalong Nomor 188.45/562/2020 12 desa percontohan masing - masing Desa Harus, Desa Muara Uya, Desa Pemarangan Kiwa, Desa Masingai II, Desa Suput, Desa Maburai, Desa Bintang Ara, Desa Halangan, Desa Warukin, Desa Pematang, Desa Jaro, dan Desa Pudak Setegal. Sedangkan klasifikasi desa di 'Bumi Saraba Kawa' ini berdasarkan Skor IDM enam desa tertinggal , 97 desa berkembang dan 18 desa maju.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021