Pada tahun 2022 jalan penghubung antara Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Halong akan diperbaiki oleh pemerintah daerah.

Bupati Balangan Abdul Hadi di Paringin Senin mengungkapkan, jalan tersebut tepatnya di Desa Ajung Kecamatan Tebing Tinggi dan Desa Binuang Santang Kecamatan Halong.

"Selain itu jalan Desa Gunung Batu-Desa Iyam, Desa Auh-Kambiyain, dan Desa Langkap-Desa Ajung. Ke depan akan dilakukan pengerasan dengan pengaspalan," ungkap bupati usai meresmikan objek wisata air terjun Riam Bainggi Desa Dayak Pitap Kecamatan Tebing Tinggi.

Diketahui, pada tahun 2022 pemerintah daerah telah menganggarkan dana sebesar Rp10 miliar untuk perbaikan jalan dari Desa Gunung Batu sampai Desa Dayak Pitap agar semua pembangunan tuntas dalam satu tahap.

Namun demikian, ia sudah melakukan pembagian pagu-pagu indikatif kepada setiap SKPD, karena pihaknya ingin menjalankan visi kepemimpinannya yaitu membangun desa menata kota.
. (Antaranews Kalsel/Ragil Darmawan)


Dalam hal ini, menurut Abdul Hadi, yang paling dirasakan oleh masyarakat adalah pembangunan jalan dan jembatan, sehingga pemerintah daerah tidak perlu melakukan pembangunan maupun renovasi kantor, kecuali jalan dan jembatan sudah dibangun dengan layak di Kabupaten Balangan.

"Jadi ke depan, jalan dan jembatan insyaAllah akan kita fokuskan untuk dilakukan perbaikan, sehingga bisa dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat," pungkasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Balangan Tuhalus, menyampaikan pada tahun 2021 pihaknya sudah menganggarkan untuk perbaikan jembatan yang ada tiga titik dengan pembangunan jembatan box culvert.

"Itu sudah kita anggarkan di 2021, hanya memang lelangnya nanti akan kita laksanakan pada akhir Mei ini. Kita menganggarkan dari tiga jembatan Box culvert sekitar Rp1 miliar dan insyaAllah selesai di tahun 2021," ujarnya.
 
Untuk di tahun 2022, lanjut Tuhalus, juga akan dilanjutkan dengan pengaspalan dan sebagian juga ada yang dirigid dengan angka hampir Rp8 miliar. Dan melihat kondisi jalan yang ada, hampir tiga kilometer yang ternyata masih dalam keadaan rusak berat, sehingga inilah yang akan diperbaiki nantinya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021