Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, sedang mengumpulkan foto-foto lama tentang kota Amuntai dan siap menghargai dokumentasi tersebut dengan harga hingga jutaan rupiah.

Kepala Bagian Humas Adi Lesmana di Amutai, Sabtu mengatakan, pencarian foto yang lama yang menggambarkan suasana Kota Amuntai tempo dulu tersebut dilakukan melalui lomba kota Amuntai tempo dulu, sekaligus memeriahkan Hari Jadi ke 63 Hulu Sungai Utara 2015.

"Foto yang meraih juara I hingga harapan III, mendapatkan hadiah uang total Rp5 juta," katanya.

Menurut Adi, lomba tersebut bertujuan mengajak masyarakat, untuk berpartisipasi terlibat dalam mengumpulkann dokumen berupa foto yang kemungkinan bernilai sejarah.

"Sebagian masyarakat di daerah kita kemungkinan besar masih memiliki foto-foto lama, yang memiliki nilai sejarah yang perlu dilestarikan dan dilindungi," kata Adi.

Foto-foto berisi suasana kota Amuntai tempo dulu itu, kata dia, sangat disayangkan apabila hanya menjadi koleksi pribadi, apalagi sampai rusak tanpa bisa dinikmati masyarakat dan generasi muda.

"Semua foto yang masuk seleksi, kita beri piagam penghargaan dan ucapan terima kasih dari Bupati HSU," kata Adi.

Meski foto yang ikut lomba menjadi milik pemerintah daerah, namun nama warga yang memiliki foto lama tersebut tetap dicantumkan.

Adi mengatakan, peserta lomba juga diminta menandatangani surat pernyataan bersedia menyerahkan foto menjadi dokumen milik daerah, sewaktu-waktu foto akan dipamerkan ke masyarakat.

"Nantinya foto akan diserahkan ke Kantor Perpustakaan dan Arsip untuk disimpan dan dikelola, sebagian lagi dipajang di kantor Bupati HSU," katnaya.

Sementara Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpustarda) sangat mendukung upaya yang dilakukan Bagian Humas Setda HSU yang berinisitaif mengumpulkan foto lama Kota Amuntai.

Kasi kearsipan karyanadi mengatakan pihaknya memang tengah berupaya mencari dan mengumpulkan data-data berupa foto, gambar, rekaman audio visual dan lainnya yang bernilai sejarah.

"Bisa jadi foto yang dimiliki masyarakat memiliki nilai sejarah sehingga sangat bagus Bagian Humas menyelenggarakan lomba foto ini" kata Karyanadi.

Ia menjelaskan jika nantinya foto diserahkan ke Kantor Perpusarda akan diserahkan melalui penandatangan berita acara sehingga foto-foto tersebut resmi dimiliki dan dikelola daerah.

Karyanadi mengatakan, sebenarnya Perpustarda HSU bersedia memberikan tali asih apabila ada warga bersedia menyerahkan foto lama tentang Kabupaten HSU yang bernilai sejarah.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015