Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, segera mencanangkan program desa pesisir kelompok tani budidaya rumput laut.

"Pencanangan desa pesisir kelompok tani budidaya rumput laut, dilaksanakan di Desa Sarang Tiung," kata Komandan Angkatan Laut Kotabaru Letkol Laut (P) Bagus Handoko, dengan didampingi Pasintel Kapten Heri, di Kotabaru, Jumat.

Rencananya, lanjut dia, pencanangan desa pesisir tersebut dilaksanakan pada Senin (16/3) di Desa Sarang Tiung, Pulau Laut Utara, Kotabaru.

Dalam kegiatan tersebut, Lanal Kotabaru juga akan melaksanakan kegiatan panen rumput laut secara simbolis dari desa binaan Lanal Kotabaru, serta pemberian bantuan kepada desa binaan.

Heri mengemukakan, beberapa kegiatan tersebut, merupakan tindaklanjut dari kegiatan sebelumnya yang digelar di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Kotabaru, belum lama ini.

Sebelumnya, TNI Angkatan Laut Kotabaru melibatkan nelayan lokal untuk mengamankan perairan laut Indonesia dari kapal-kapal asing penangkap ikan ilegal.

Komandan Angkatan Laut Kotabaru Letkol Laut (P) Bagus Handoko, mengatakan pihaknya meminta nelayan membantu tugas pemerintah, apabila melihat ada kapal asing melakukan penangkapan ikan agar melaporkannya ke Lanal Kotabaru.

Dikatakan, Lanal Kotabaru akan menerjunkan kapal KRI atau yang lainnya ke lokasi untuk melakukan penangkapan. Dan tindakan Pemerintah Indonesia menenggelamkan kapal asing yang terbukti menjarah ikan di perairan Indonesia telah mendapat sorotan dunia.

"Kami ingin menegakkan hukum perairan. Dan apapun risikonya sudah siap kami hadapi," tandasnya

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015