Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Fadliansyah meminta peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2021 menjadi momentum bagi pemerintah kota meningkatkan kualitas pendidikan.

"Semangat Hardiknas harus menjadi momentum meningkatkan kualitas pendidikan sehingga bisa melahirkan lulusan sekolah di seluruh jenjang pendidikan yang lebih baik," ujarnya di Banjarbaru, Ahad. 

Ia mengatakan, pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia hingga berdampak terganggunya proses belajar mengajar jangan sampai membuat patah semangat untuk meningkatkan pendidikan berkualitas. 

Sebaliknya, sesuai tema peringatan Hardiknas 2021 "Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar" harus disikapi dengan mencari terobosan agar siswa tetap bisa mengikuti pelajaran meski pun secara daring. 

"Pembelajaram tatap muka memang tidak bisa dilakukan tetapi semangat untuk memberikan pelajaran bagi guru dan semangat belajar bagi anak didik harus tetap tinggi. Tetap semangat dan merdeka belajar," pesannya. 

Dikatakannya, Hardiknas hendaknya juga menjadi momentum bagi Pemkot Banjarbaru meningkatkan derajat pendidikan masyarakat, baik formal maupun informal sehingga seluruh masyarakat menikmati pendidikan. 

Disisi lain, pendidikan baik formal dan informal yang dijalankan hendaknya diimbangi dengan pendidikan karakter sehingga mampu menghasilkan lulusan sekolah yang berkualitas dan berakhlak mulia. 

"Harapan kami, peningkatan kualitas pendidikan harus diimbangi dengan pendidikan berkarakter agar hasil akhir atau lulusan sekolah di seluruh jenjang, selain berkualitas juga memiliki akhlak mulia," katanya. 



 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021