Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tanah Bumbu, mempertahankan kebudayaan dan kesenian lokal dengan menggelar pertunjukan virtual musik tradisional panting khas Kalimantan Selatan yang dilaksanakan sejak 29 April 2021.

Plt. Kepala Disdikbud Tanah Bumbu Eka Safruddin di Batulicin, Ahad mengatakan,  pertunjukan virtual musik panting ini merupakan salah satu terobosan untuk melestarikan kesenian khas Kalimantan Selatan yang ada di Tanah Bumbu.

"Nantinya akan menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Bidang Kebudayaan Disdikbud," katanya.

Dia mengataka, seni tradisi harus terus dilestarikan dalam kondisi apapun. Namun dimasa pandemi seperti ini, perlu adanya terobosan agar kesenian terus terjaga.

Menurutnya, pagelaran secara virtual adalah langkah yang paling evektif untuk mencegah terjadinya peneybaran virus corona atau COVID-19.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan pada dinas tersebut, Rafi'i menjelaskan, pertunjukan virtual ini direncanakan rutin sebulan sekali dilaksanakan dengan bentuk kesenian yang berbeda.

"Bulan ini tepatnya pada Bulan Suci Ramadhan secara perdana digelar pertunjukan live musik panting secara virtual," sebutnya.

Pertunjukan virtual kesenian tradisional di langsungkan di Kantor Disdikbud Tanah Bumbu ini  disiarkan secara live di chanel youtube Kebudayaan Tanah Bumbu.  Sehingga masyarakat juga dapat menyaksikan gelaran tersebut.

"Meski pandemi COVID-19, masyarakat dpat menikmati musik tradisional di rumah saja karena Disdikbud menyiarkan secara live di Chanel youtube," ungkapnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021