Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tabalong bersama Balitbang Kemendagri melaksanakan Bimbingan Teknis Peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara dalam penyusunan inovasi daerah berbasis riset.

Kepala Bappeda Kabupaten Tabalong Muhammad Noor Rifani menyampaikan bimtek ini sebagai upaya mendorong terciptanya inovasi baru di 'Bumi Saraba Kawa' ini.

"Bimtek ini kita laksanakan secara Hybrid baik online maupun offline bagi kepala SKPD, maupun Kasubag perencanaan," jelas Rifani.

Rifani menambahkan kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan kapasitas serta menyamakan persepsi ASN dalam menyusun inovasi daerah. 

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengingatkan di era industry 4.0 persaingan antar negara makin ketat sehingga tantangan yang dihadapi harus menjadi spirit baru kebangkitan perekonomian nasional.

Salah satunya melalui pengembangan inovasi nasional untuk meningkatkan nilai tambah, output, daya saing serta pertumbuhan ekonomi.

 Selanjutnya untuk peningkatan inovasi daerah Balitbang melakukan pengukuran Indeks Inovasi Daerah.

Sementara itu Kepala Balitbang Kemendagri A Fatoni memaparkan terkaiy Inovasi Daerah dan Pengembangan SDM yang Profesional, Kreatif, dan Inovatif yang berisi kondisi indeks Inovasi Daerah 2018 - 2020.

Termasuk peta kekuatan Inovasi Kabupaten Tabalong, kompetensi Softskill yang dibutuhkan ASN, inovasi Daerah dalam meningkatkan kinerja dan percepatan tujuan penyelenggarakan otonomi daerah.  

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021