Kantor Wilayah BRI Banjarmasin, Kalimantan Selatan membuat aksi sosial dengan menyalurkan membantu bagi kelompok wanita tani pada peringatan Hari Kartini 2021.

Kelompok wanita tani yang mendapat keistimewaan pada peringatan hari lahirnya Pahlawan Nasional R.A Kartini, setiap 21 April tersebut adalah Kelompok wanita tani "Mekar Sari" di Kelurahan Karang Taruna, Kecamatan Palaihari, Kabupaten Tanah Laut.

Menurut Pemimpin Wilayah BRI Banjarmasin, Hery Santoso, ini adalah bagian program "BRI Peduli Woman Communi-Tree” Bantuan Urban Farming untuk Kelompok PKK, Kelompok Usaha Wanita atau Kelompok Wanita.

Untuk penyerahan bantuan bagi kelompok wanita tani "Mekar Sari" tersebut dipimpin langsung Hery Santoso, yakni, secara resmi diterima pemerintah daerah setempat diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tanah Laut, Ir Akhmad Hairin, MP.
 
Kanwil BRI Banjarmasin saat menyerahkan bantuan bagi kelompok wanita tani Mekar Sari Tanah Laut.(Antaranews Kalsel/istimewa)
"Bantuan ini bertujuan agar para wanita lebih aktif, apalagi bantuan yang diberikan berupa sarana prasarana pendukung seperti green house, rumah hidroponik, bibit tanaman sayur, pompa air, arco, selang, tandon air dan bak sampah," ungkap Hery.

Dia berharap, dengan diberikannya bantuan ini, kegiatan kelompok wanita tani "Mekar Sari" dapat meningkatkan penghasilannya, bahkan masyarakat sekitar juga ikut merasakan dampak ekonominya.

Hery menambahkan, BRI Peduli sebagai payung program tanggungjawab sosial lingkungan atau CSR BRI.

Menurut dia, BRI selalu berupaya memberikan apresiasi akan perjuangan RA Kartini serta meneruskan tauladannya dengan membuat kegiatan yang membuat kapasitas dan kualitas pendidikan perempuan semakin meningkat.

Dijelaskannya, kegiatan ini dilaksanakan dengan mengambil peran perempuan sebagai penggerak utamanya. BRI sebagai BUMN dirasa perlu untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan perempuan agar mampu merebut peluang terlibat mengisi pembangunan.  

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Mekar Sari, Siti Maisyaroh sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga atas bantuan dan kepedulian BRI atas kelompok taninya.

"Kami memastikan bantuan BRI ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan hasil pertanian kami, juga wilayah sekitar," tuturnya.

Dengan adanya kepedulian BRI ini juga dapat menambah kegiatan kelompok wanita tani di daerahnya agar lebih aktif bergerak lagi dalam situasi pandemi COVID-19 bisa membantu ekonomi keluarga.
Kanwil BRI Banjarmasin saat menyerahkan bantuan bagi kelompok wanita tani Mekar Sari Tanah Laut.(Antaranews Kalsel/istimewa)

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021