Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Korban Banjir di Kecamatan Kurau dan Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan mendapatkan bantuan langsung dari Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI), Khofifah Indar Parawansa, Jumat (20/2).


Bantuan yang diberikan kepada korban banjir untuk Kecamatan Kurau berupa, satu unit mobil dapur umum, lauk pauk sebanyak 442 paket, selimut sebanyak 500 lembar, beras sebanyak empat ton, perawatan ana-anak sebanyak 100 paket.

Selain itu,  family kit untuk nanak-anak sebanyak 100 paket, makanan anak-anak sebanyak 100 paket," ujar Khofifah Indar Parawangsa, selepas menyerahkan bantuan secara simbolis, di Desa Handil Nagara, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Menurut Mensos, selain bantuan untuk korban banjir Kecamatan Kurau, pihaknya jug memberikan bantuan kepada Kecamatan Bumi Makmur sebanyak 500 lauk pauk.

"Semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat yang terkena korban banjir di daerah ini," ucapnya.

Diutarakannya, berdasarkan laporan Bupati Tanah Laut, banjir di wilayahnya sudah ditetapkan tanggap darurat, sehingga penanganannya perlu lebih serius.

"Dari hasil pantauan langsung di lapangan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan perbaikan di daerah yang terkena banjir. Perbaikan itu berupa drainase, pengerukan sungai dan pembuatan waduk," terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, berdasarkan pradiksi pemerintah pusat antara Februari hingga Maret 2015, ada 274 kabupaten/kota di Indonesia rawan terhadap bahaya banjir.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015