Perusahaan swasta nasional PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun, di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, selama pandemi COVID-19 terus berupaya meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya mereka yang ada di sekitar perusahaan.

Management Indocement, H Teguh Iman Basoeki melalui Corporate Social Responsibility (CSR) Officer, Agus Rifani, mengatakan, upaya Indocement dalam meningkatkan pendapatan warga kali ini melalui pelatihan budi daya ikan air tawar.

"Kegiatan tersebut implementasi dari program CSR pilar pembangunan ekonomi dan pendidikan," katanya, melalui siaran pers, Jumat.

Dengan memanfaatkan lahan kososng baik yang dimikili perorangan maupun kelompok bisa dijadikan kolam untuk budidaya ikan, sehingga mendatangkan nilai tambah, terlebih dalam kondisi pandemi COVID-19, dimana pendapatan keluarga turun.

"Pelatihan ini adalah yang ke sebelas kalinya, dan kali ini peserta mendapatkan penjelasan terkait budidaya ikan lele, patin dan nila. Targetnya meningkatkan semangat masyarakat dalam meningkatan perekonomian keluarga,” tuturnya.

Salah satu pemateri, I Wayan Kedep Sudhiarta, mengatakan, materi yang disampaikan agar peserta mampu memilih jenis ikan, bibit dan masalah pakannya serta kendala apa saja yang sering dihadapi.

"Peserta diharapkan menerapkannya ilmu yang diperoleh dalam pelatihan ini. Perusahaan tetap melakukan pendampingan dan bimbingan setelah kegiatan yang dilaksanakan,” katanya.

Seorang peserta, Rudiani, menilai apa yang dilakukan oleh Indocement menggelar pelatihan budidaya ikan sangat bermanfaat dalam pengembangan usaha keluarga.

"Terimakasih Indocement atas inisiasinya melaksanakan pelatihan budidaya ikan karena sangat membantu, dan masyarakat sangat berterimakasih kepada Indocement,” imbuhnya.

Kepala Desa Cantung Kiri Hilir, Riwinto, menyambuat baik atas terselenggaranya pelatihan tersebut dengan harapan peserta dapat merealisasikan pengetahuan yang didapat usai mengikutinya. 

Menurutnya, dengan mengikuti pelatihan peserta akan mengetahui bagaimana tata cara melakukan budidaya ikan dengan baik, mulai dari pemilihan bibitnya sampai kepada pemeliharaannya termasuk ketersediaan kolamnya dan lain sebagainya.

"Targetnya meningkatkan ekonomi masyarakat dengan usaha budidaya ikan. Dan terimakasih kepada Indocement yang memberikan edukasi kepada masyarakat kami, dan ini merupakan langkah awal dengan 5 kolam untuk budidaya, kita akan terus berupaya agar bisa menambah kolam yang ada,” ucapnya.

Pewarta: Imm

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021