Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kabupaten Balangan bersinergi dengan Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel guna memajukan serta mengembangkan produk lokal pada IKM di Kabupaten Balangan.

Perwakilan Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kabupaten Balangan Megawati Ulfah, mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel yang sudah berkenan menerima Kunker dari Pemkab Balangan terkait dengan penyusunan RPJMD dan kemajuan industri di Balangan.

"Terutama untuk sektor IKM, yakni pada bidang usaha kerajinan, karena kerajinan tersebut merupakan produk unggulan Kabupaten Balangan seperti anyaman bamban dan anyaman lainnya," ucap Megawati yang juga istri Wabup Balangan tersebut kepada media beberapa waktu lalu di Kantor Disperin Provinsi Kalsel.

Selanjutnya, ujar Mega, Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Balangan menyatakan siap untuk terus bersinergi dan mengembangkan kerajinan lokal yang akan menjadikan produk pemasarannya sampai ke luar daerah.

 

(Antaranews Kalsel/Ragil Darmawan)


Megawati juga menyebutkan, bahwa pihaknya pada acara tersebut datang bersama dinas-dinas terkait untuk meminta pendapat dan masukan terkait pemasaran dan cara memajukan IKM untuk menambah nilai ekonomis bagi para pengrajin.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disperin Provinsi Kalsel Mahyuni, pihaknya sangat merespon baik dengan adanya kunjungan kerja dari Kabupaten Balangan untuk saling bertukar informasi, tentu dengan semangat bagaimana ke depan produk industri di Balangan bisa menjadi berdaya saing.

"Yaitu berdaya saing dalam artian sudah mampu melakukan pemasaran hingga ke luar Balangan bahkan masuk ke Provinsi Kalsel," ungkapnya.

Menurut Mahyuni, hal tersebut tak luput dari perhatian dan arahan dari segala pihak untuk memberikan pendampingan kepada para UMKM dan IKM serta memfasilitasinya dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Terakhir, pihaknya berharap dengan adanya Kunker ini, Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Balangan bisa mendorong lebih kuat lagi pertumbuhan sektor industri di Kabupaten Balangan khususnya dan pada Provinsi Kalsel umumnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021