Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, meningkatkan tali silaturahim dengan melalui kegiatan jalan santai bersama masyarakat Bumi Saijaan.


Ketua DPRD Kotabaru, Hj Alfisah, Selasa mengatakan, silaturahim bersama jajaran Forkopinda dimaksudkan mempererat hubungan bagi semua pihak, sehingga tercipta keharmonisan seluruh komponen masyarakat terlebih tahun ini menjadi tahun politik menyusul akan dilaksanakannya pemilihan kepala daerah (bupati).

"Mengantisipasi terjadinya gesekan-gesekan imbas dinamika politik di daerah, maka sangat penting dilakukan kegiatan positif yang mengarah pada kebersamaan, sehingga dapat meng-konter aksi-aksi yang tidak diinginkan," katanya.

Sebagai manifestasi dari harmonisasi tersebut, lanjut Alfisah, ia selaku pimpinan legislatif bersama-sama segenap Forkapinda di antaranya Bupati, Komandan Kodim 1004 Letkol Inf Khabib Mahfud, Kapolres AKBP Rizal Irawan, Ketua Pengadilan Negeri, Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Bagus Handoko, serta para pemangku kepentingan (stakeholder) melaksanakan jalan santai bersama.

Menurut dia, Forkopinda Kotabaru tetap kompak dan berkomitmen terus bersama-sama menjaga ketertiban dan perdamaian. Dengan situasi yang kondusif seperti sekarang harus dipertahankan, meski nantinya akan ada pemilihan bupati di Kotabaru.

Sementara itu, Ahmad (35) warga Desa Baharu Utara, Kotabaru mengharapkan pelaksanaan pemilihan bupati kali ini dapat berjalan lancar tanpa ada kerusuhan yang biasanya melibatkan antar pendukung calon bupati yang ikut dalam Pilkada.

"Sebagai pelaku usaha sebenarnya ada kekhawatiran kalau-kalau saat pemilukada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena kefanatikan pendukung terhadap salah satu calon," ujar Ahmad.

Menurut dia, dari desas-desus yang kini mencuat di tengah-tengah masyarakat, dalam pemilukada tahun ini akan diikuti oleh banyak calon bupati, menyusul telah ditetapkannya sistem pemilihan langsung.

Jika memang benar kontestan calon bupati banyak, sebenarnya akan lebih bagus, karena masyarakat mempunyai banyak pilihan siapa pemimpin yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan, bukan karena pencitraan, tapi benar-benar dia yang ingin memajukan Kotabaru dan membawa masyarakatnya sejahtera.

Namun di sisi lain, hal ini juga menimbulkan kekhawatiran, karena banyaknya calon yang masing-masing mempunyai massa pendukung, maka ada kemungkinan gesekan diantara mereka. Inilah yang harus diantisipasi, karena hal itu akan merugikan banyak pihak.

"Keamanan harus benar-benar dijaga agar tetap kondusif, agar masyatakat bisa tenang menjalani aktivitas sehari-hari, termasuk saya yang notabene sebagai wiraswasta. Sebab kalau tidak aman, bagaimana usaha saya bisa jalan," ungkapnya.

Berkaitan dengan kegiatan jalan bersama yang digelar Kodim 1004 Kotabaru dengan melibatkan segenap Forkopinda Kotabaru, Ahmad mengapresiasi dan hal itu perlu ditingkatkan hingga di tingkat akar rumput (masyarakat).***2***





(T.I022/B/S023/S023) 10-02-2015 21:28:23

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015