Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Ribuan peserta dipastikan mengikuti lomba otomotif bertajuk "Hayau Tarus" yang diselenggarakan di Kota Binuang Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, pada 6-8 Februari 2015.


Wakil Ketua Panitia "Hayau Tarus" ke-6 One Day Adventure Duana di Banjarbaru, Selasa mengatakan, ribuan peserta berasal dari Pulau Kalimantan hingga Jawa dan Sulawesi.

"Lomba yang sudah memasuki tahun ke enam ini layak disebut event nasional karena peserta bukan hanya berasal dari Kalimantan tetapi juga dari Jawa dan Sulawesi," ujarnya.

Dijelaskan, "Hayau Tarus" atau jalan terus merupakan event otomotif yang digelar setiap tahun dengan tujuan menyalurkan minat dan bakat peserta khususnya jenis motor trail.

Selain adventure berupa jalur alam yang harus dilalui peserta, juga trail game yang bisa diikuti setiap peserta dengan beragam hadiah yang totalnya mencapai ratusan juta.

"Hadiah utama yang disiapkan panitia bagi pemenang lomba yakni berangkat umroh untuk dua orang dan 20 unit sepeda motor jenis matic," ujar Duana.

Menurut dia didampingi Sipliansyah dari Rimvi Motor Club yang menaungi HRVRT Monster Binuang Adventure Club sebagai penyelenggara, peserta berasal dari berbagai klub otomotif.

"Peserta berasal dari berbagai klub otomotif khususnya klub motor trail dan jumlahnya hingga saat ini sudah mencapai 1.400 peserta," ucap Sipli menambahkan.

Dikatakan Duana, jumlah peserta lomba yang dikenakan biaya Rp350 ribu setiap peserta diperkirakan mencapai 1.800 orang hingga pendaftaran ditutup, Sabtu (7/2).

"Peserta diperkirakan bertambah menjelang pendaftaran ditutup dan jumlahnya diprediksi mencapai 1.800 peserta yang didominasi dari Kalsel dan daerah lainnya," ucap dia.

Menurut dia, selain menyediakan hadiah cukup banyak bagi ribuan peserta, lomba yang menempuh jarak 56 kilometer itu juga menyajikan pemandangan menarik.

"Jalur yang dilintasi peserta kurang lebih 56 kilometer terdiri dari jalur bukit, dataran, bebatuan, sungai dan jalur alami lain sehingga peserta juga menikmati keindahan alam," ujarnya.

  Ditambahkan, jalur yang dilintasi setiap peserta disiapkan bagi pemula berupa jalur aman dan jalur ekstrim dengan tingkat kesulitan mencapai 30 persen.   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015