Sejumlah artis, musisi, pekerja seni hingga selegram yang tergabung dalam komunitas sepeda 48bersepeda siap menyalurkan bantuan ke korban banjir di penjuru Kalimantan Selatan.

Menariknya, bantuan tersebut hasil penggalangan dana dalam acara bertajuk "Konser Peduli Negeri" yang digelar Februari lalu oleh komunitas 48bersepeda yang diprakarsai anggota DPR RI, Abdul Kadir Karding.

Menurut salah seorang artis perwakilan 48bersepeda, Arizki, "Konser Peduli Negeri" merupakan konser amal untuk menggalang dana guna membantu warga terdampak bencana di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Kalimantan Selatan.

Mereka yang terlibat, antara lain Tantri Kotak; Arda Naff; Sandy Canester; Ifan Seventeen; Rizal Armada; Rival Himran; Ifan Govinda; Drive Band; Dimas dan Ipank Last Child; dan Natta Reza.

"Alhamdulillah, kerja gotong royong kami mendapatkan respons positif dan memuaskan. Konser dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," ungkap Arizki yang juga vokalis dari Drive Band.

 
. (Antaranews Kalsel/Latif Thohir.)


Terlebih acara tersebut, tambah dia,  dihadiri oleh para tamu VIP seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan juga putra terbaik Kalimantan Selatan yang saat ini menjadi Ketua Umum BPP Hipmi, Mardani H. Maming yang sekaligus menjadi donatur terbesar penggalangan dana ini melalui "Hipmi Peduli.

Dari konser amal tersebut berhasil terkumpul dana sebesar Rp1 miliar. Rencananya hasil donasi tersebut akan mereka distribusikan ke lima wilayah yang terdampak bencana di tanah air.

"Termasuk di wilayah Kalimantan Selatan," kata Arizki.

Menurut mantan vokalis band The Titans tersebut, rencananya penyaluran dana bantuan tersebut akan dilaksanakan pada Kamis 18 Maret lusa.

"Rencananya kami dan beberapa kawan sebagai perwakilan 48bersepeda akan langsung datang ke 4 titik lokasi, di antaranya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah seperti Barabai dan Hantakan," jelasnya.

Sementara itu, pembina komunitas 48bersepeda, Abdul Kadir Karding, menjelaskan meski banjir sudah surut warga terdampak banjir masih membutuhkan bantuan untuk pembangunan fasilitas umum seperti sarana pendidikan dan tempat ibadah.

Selain itu, warga juga masih membutuhkan dana untuk membangun tempat tinggal mereka yang hancur akibat banjir.

"Selain Kalimantan Selatan, dari dana sebesar Rp1 miliar tersebut sebagian juga akan disalurkan ke beberapa daerah terdampak bencana lainnya di Indonesia, seperti longsor di Sumedang Jawa Barat, korban gempa di Mamuju Sulawesi Barat, dan anjir di Manado Sulawesi Utara,” ujar Abdul Kadir Karding, anggota DPR RI dari Fraksi PKB itu.

Abdul Kadir Karding berharap tidak terjadi bencana serupa di masa yang akan datang. "Masyarakat jangan lupa tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19," pesannya.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021