Banjarbaru, (Antara) - Dinas Pendidikan (Disdik)Banjarbaru, Kalimantan Selatan, memprogramkan gerakan siswa menanam bibit pohon yang melibatkan siswa pada seluruh jenjang pendidikan di kota itu.


Kepala Dinas Pendidikan Banjarbaru Ahmadi Arsyad di Banjarbaru, Jumat mengatakan, gerakan siswa menanam ditandai dengan penanaman bibit pohon di sekolah-sekolah.

"Dijadwalkan Sabtu (31/1) digelar penanaman bibit pohon penghijauan yang dipusatkan di SMPN 14 Jalan Trikora Kelurahan Guntung Manggis Banjarbaru," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan dipimpin Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor dan secara serentak diikuti seluruh siswa-siswi pada satuan pendidikan yang tersebar di seluruh kota itu.

Dijelaskan, tujuannya dalam rangka meningkatkan kepedulian dan rasa kegotongroyongan siswa-siswi sekolah untuk mewujudkan sekolah bersih, hijau, asri dan sehat atau berhias.

"Penanaman bibit penghijauan di SMPN 14 merupakan simbolis diikuti penanaman serupa di seluruh sekolah mulai tingkat SD negeri hingga SMA negeri se Banjarbaru," ungkapnya.

Menurut dia, jumlah bibit pohon secara keseluruhan yang ditanam sebanyak 12 ribu bibit, baik pohon penghijauan maupun produktif dalam rangka pelestarian lingkungan.

Dikatakan, bibit pohon bukan hanya ditanam di lingkungan sekolah tetapi juga di tepi jalan dan halaman rumah siswa agar gerakan penanaman pohon berjalan sesuai harapan.

"Gerakan siswa menanam ini dalam rangka menumbuhkan rasa kepedulian lingkungan sejak usia dini disamping keberadaan pohon yang berguna bagi seluruh makhluk hidup," kata dia.

Ditambahkan, penanaman bibit pohon selanjutnya dilakukan bertahap hingga seluruh siswa di Banjarbaru yang mencapai 25 ribu ikut menanam bibit pohon.

"Sekarang, baru separuh siswa yang menanam bibit pohon sehingga ke depan secara bertahap disediakan bibit pohon bagi seluruh siswa agar bisa ditanam," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015