Pemerintaha Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menyalurkan bantuan logistik kepada para korban bencana alam angin puting beliung di Kecamatan Kusan Hulu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu Eryanto Rais, di Batulicin Senin mengatakan, bantuan yang diserahkan berupa beras sepuluh kg, mie instan dua dus, minyak goreng dua liter, ikan kemasan sepuluh kaleng, teh dua kotak, kopi dua bungkus, susu dua kaleng, gula dua kg, kecap dua botol dan sambal dua botol.

"Bencana ini terjadi beberapa hari yang lalu. Alhamdulillah tidak ada korban yang meninggal," katanya Eryanto tanpa menjelaskan berapa unit rumah yang terdampak bencana tersebut.

Dia mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca yang disampaikan oleh BMKG Kalimantan Selatan bahwa pada Maretcuaca ekstrim bisa terjadi dibeberapa wilayah termasuk Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurutnya Kabupaten Tanah Bumbu banyak potensi bencana seperti banjir, angin puting beliung dan kebakaran.

"BMKG memperkirakan saat ini intensitas hujan yang disertai petir angin kencang lebih kerap terjadi, oleh sebab itu masyarakat harus lebih waspada terhadap bencana alam," ujarnya.

Untuk itu, pemerintah daerah meminta agar masyarakat tetap waspada sewaktu-waktu bencana dapat terjadi di tempat tinggalnya terutama daerah yang rawan bencana angin puting beliung.

"Apabila terjadi bencana angin puting beliung segera keluar rumah dan mencari tempat yang lebih aman sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021