Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui Dinas Bina Marga memerhatikan jalan strategis yang mengalami kerusakan parah, seperti Jalan Pelambuan.


"Sekarang kondisi jalan strategis yakni Jalan Pangeran Mohamad Noor atau Jalan Pelambuan kondisinya rusak parah dan itu akan menjadi perhatian kami," kata Kepala Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin Ir Gusti Riduan Sofyan di Banjarmasin, Selasa.

Karena jalan tersebut strategis maka untuk penanganannya harus ada keterlibatan dengan Pemprov Kalsel. Karena itu untuk memperbaiki Jalan Pangeran Muhamad Noor tersebut harus ada pembahasan dengan pihak terkait.

Jalan Pangeran Muhamad Noor dinilai strategis karena merupakan jalan akses lalu lintas warga Banjarmasin sekaligus untuk akses ke Pelabuhan Trisakti, sehingga banyak mobil angkutan berat yang melewati jalan tersebut.

Jalan tersebut sekarang mengalami rusak parah di mana-mana terlihat berlubang besar, becek, dan ada beberapa bagian terendam air.

Bahkan berdasarkan laporan sering terjadi kecelakaan lalu-lintas di lokasi Jalan Pangeran Muhamad Noor yang rusak tersebut dan menimbulkan korban cidera.

Menurut Riduan perbaikan Jalan Pangeran Muhamad Noor tak bisa hanya menggunakan dana pemeliharaan, karena kondisinya memang sudah parah. "Perbaikannya harus ada pekerjaan khusus dengan dana yang besar," ujarnya.

Jalan strategis lainnya yang menjadi perhatian di Kota Banjarmasin adala Jalan Pramuka karena akses jalan tersebut menuju luar kota, kemudian Jalan Belitung juga dinilai strategis karena di lalui mobil-mobil tanki premiun dan bahan bakar lainnya dari depo PT Pertamina ke berbagai arah di Kalsel dan Kalteng.

  Melihat keberadaannya sebagai jalan strategis, maka empat jalan tersebut kualitasnya akan tetap dipelihara dan dijaga agar tidak menimbulkan persoalan lalu-lintas.    

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015