Tanjung,  (AntaranewsKalsel) - Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mulai tahun ini melaksanakan program Gerakan Membangun Desa Menuju Sejahtera (Gerbang Emas) dengan menyediakan alokasi dana Rp1 miliar per desa di 12 kecamatan.


Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Tabalong, Zulfan Noor di Tanjung, Selasa mengatakan saat ini sudah ditetapkan desa penerima program Gerbang Emas di tiap kecamatan dengan harapan bisa meningkatkan kesejahteraam masyarakat di pedesaan.

"Tiap kecamatan telah ditetapkan satu desa penerima program Gerbang Emas dengan alokasi dana Rp1 miliar, selain itu alokasi desa juga masih diberikan kepada 121 desa dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat desa," jelas Zulfan.

Pencanangan pelaksanaan program Gerbang Emas di Bumi Saraba Kawa ini dilaksanakan pada 1 Desember 2014 bersamaan perayaan hari jadi kabupaten ke-49.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengatakan adanya program Gerakan Membangun Desa Menuju Sejahtera diharapkan masing-masing desa punya perencanaan pembangunan lima tahun ke depan dan Pemerintah daerah sendiri sudah membuat RPJMD 2015 - 2019 dengan 12 program pembangunan prioritas.

"Dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa akan dibantu pihak konsultan maupun instansi terkait karena program Gerbang Emas dengan alokasi dana Rp1 miliar per desa memang cukup berat," jelas Anang.

Kepada seluruh aparat desa, Anang pun berpesan dalam pengelolaan dana desa jangan sampai melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku karena itu perlu dipersiapkan perencanaan yang baik untuk menghindari adanya pelanggaran hukum.

"Saya yakin 5 tahun ke depan kesejahteraan masyarakat desa bisa ditingkatkan melalui kegiatan program Gerbang Emas karena itu mulai sekarang susun perencanaan yang baik dan jangan sampai salah mengelola dana desa sehingga harus berurusan dengan hukum," tambah Anang.

Saat ini sejumlah desa telah ditetapkan melaksanakan program Gerbang Emas yakni Desa Jaro Kecamatan Jaro, Desa Harus Kecamatan Muara Harus dan Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta.

Sementara itu dalam program prioritas pembangunan pada RPJMD 2015 sampai 2019 di Tabalong mencakup peningkatan kualitas dan pemerataan pendidikan, pengembangan sarana dan prasarana perkotaan maupun pedesaan serta peningkatan produksi, produktivitas dan nilai tambah sektor pertanian, reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015