Balikpapan, (Antaranews Kalsel) - Wakil Gubernur Kalimantan Timur HM Mukmin Faisyal HP mendorong agar beragam olahraga tradisional lebih sering dilombakan dalam setiap kegiatan semisal HUT provinsi, kabupaten/kota atau di setiap instansi.


"Olahraga tradisional ini dapat membangkitkan semangat kebersamaan dan kekompakan sebagai sesama aparatur pemerintah," kata Mukmin di Samarinda, Kaltim, Minggu.

Olahraga tradisional itu seperti bakiak, tarik tambang, pukul bantal, belogo, begasing, enggrang, menyumpit dan olahraga tradisional lainya yang merupakan peninggalan nenek moyang dan harus dilestarikan agar tidak sirna dimakan waktu atau tergusur oleh maraknya permainan games yang kian digandrungi semua kalangan.

"Setiap ada momen penting seperti perayaan hari ulang tahun kabupaten/kota setidaknya bisa mengikutsertakan cabang olahraga tradisional baik itu, tarik tambang, bakiak maupun cabang lainnya," katanya.

Dengan begitu, ia menambahkan, kita turut serta menjaga dan melestarikan cabang olahraga tradisional yang sekarang mulai tergusur oleh permainan elektronik atau game diinternet maupun di handphone.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan olahraga tradisional yang  dilaksanakan pada HUT Provinsi Kaltim tahun ini, sudah sangat bagus. Oleh karena itu, pada pelaksanaan HUT Provinsi Kaltim tahun depan, perlombaan olahraga tradisional harus ditambah dari jumlah yang sekarang dilaksanakan.

"Ini sudah menjadi agenda tahunan, setiap perayaan dan memeriahkan  HUT Provinsi Kaltim cabang olahraga tradisional wajib diikutkan, kalau bisa jumlahnya ditingkatkan dari pelaksanaan tahun ini," kata Mukmin.

Menurut Wagub, dengan pelaksanaan kegiatan olahraga tradisional tentu dampaknya sangat besar terhadap kebersamaan dan kekompakan yang merupakan modal utama suksesnya penyelenggaraan pemerintah dan pelaksanaan pembangunan.

"Melalui kegiatan tersebut seluruh pegawai lingkup Kaltim membaur bersama, sehingga tercipta komunikasi nonformal yang dapat meningkatkan keakraban antara atasan dan bawahan, maupun antar sesama pegawai lintas instansi. Prinsipnya kegiatan seperti ini akan terus diselenggarakan. Tidak hanya saat momentum peringatan HUT Pemprov Kaltim, tapi secara berkala pada momen penting," kata Mukmin./e

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015