Banjarmasin, (Antaranews Kalsel)- Sebanyak 18 pelajar dari Australia kini berada di Kota Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, selama tiga bulan untuk mendalami atau belajar tentang kebudayaan di daerah ini.


Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin Kurnadiansyah melalui keterangan pers di balaikota Banjuarmasin, Rabu menyebutkan, kedatangan pelajar negeri Kanguru itu diterima Wakil Walikota Banjarmasin HM Irwan Anshari didampingi Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin H Zulfadli Gazali.

Pemerintah kota Banjarmasin merasa senang kedatangan pelajar negeri tetangga yang termasuk dalam program pertukaran pelajar kedua negara bersahabat tersebut, sekaligus menyerahkan mereka kepada orang tua angkat selama di Banjarmasin.

Selain 18 pelajar dari Australia terdapat pula 18 pelajar dari Indonesia yang merupakan hasil seleksi dari keseluruhan provinsi yang ada di Indonesia dalam pertukaran pelajar itu.

Tujuan kedatangan mereka ke Banjarmasin adalah untuk menimba ilmu tentang kebudayaan dan kehidupan masyarakat serta bagaimana dunia kerja yang ada di Kota Banjarmasin.

"Kepada para orang tua angkat, agar tidak memberikan fasilitas yang berlebihan biarkan mereka mengetahui kehidupan keseharian orang banjar, perlakukan seperti anak sendiri dan suruh mereka mengerjakan tugas rumah tangga seperti menyapu, membersihkan tempat tidur, serta mencuci piring" kata Wakil Wali Kota.

Selain itu juga berharap agar para pelajar merasa nyaman dan betah di Kota Banjarmasin dan dapat menyesuaikan diri di tempat magang dan bertukar kebudayaan, mengikuti pembelajaran serta berinteraksi dengan warga Kota Banjarmasin.

Selama tiga minggu, sejak 19 Januari 2015 di Kota Banjarmasin para pelajar ini juga akan magang di instansi pemerintahan, BUMD, serta swasta dan akan mempelajari kebudayaan serta tradisi masyarakat Banjar.

Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin H Zulfadli Gazali serta Direktur Utama PDAM Ir Muslih juga berkesempatan menjadi orang tua angkat bagi para pelajar ini.

  Acara diakhiri dengan foto bersama Wakil Wali Kota dan seluruh pelajar Australia. Sebelum tiba di Banjarmasin mereka berkesempatan mengunjungi Kabupaten Tanah Bumbu.    

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015