Satu Wali Kota beserta wakilnya dan empat bupati beserta wakilnya hasil Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di Provinsi Kalimantan Selatan dilantik pejabat Gubernur Safrizal ZA di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Jumat.

Lima kepala daerah yang dilantik adalah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru,  H Muhammad Aditya Mufti Arifin dan Wartono, kemudian Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu, yakni, H Muhammad Zairullah Azhar dan H Muhammad Rusli.

Selanjutnya, Bupati dan Wakil Bupati Banjar, yakni, H Saidi Mansyur dan H Said Idrus, Bupati dan Wakil Bupati Balangan, yakni, H Abdul Hadi dan H Supiani, Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, yakni, H Aulia Oktafiandi dan H Mansyah.

Pelantikan dilaksanakan sangat ketat protokol kesehatan untuk menghindari penularan virus Corona atau COVID-19, sehingga semua tamu undangan yang hadir termasuk wartawan harus mengikuti rapid test antigen.
 
Lima pasangan kepala daerah di Kalsel dilantik.(Antaranews Kalsel/istimewa)

Pelaksana pelantikan berjalan cukup hidmat, karena tamu yang hadir terbatas yang bisa masuk ke gedung Mahligai Pancasila, setelah pengambilan sumpah wali kota dan wakil wali kota serta para bupati dan wakil bupati, dilanjutkan dengan para istri kepala daerah tersebut dilantik jadi Ketua Tim penggerak PKK.

Pejabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA mengucapkan selamat buat kepala daerah yang dilantik, serta dapat sukses mengemban amanah serta bertanggungjawab, mengutamakan kepentingan masyarakat, juga memegang teguh Pancasila dan undang-undang dasar 1945.

Dia pun meminta pada kepala daerah yang baru dilantik untuk memprioritaskan sebagai berikut, pertama keberlanjutan program-program percepatan penanganan COVID-19, agar tetap berjalan.

"Koordinasi kuat harus terus dilakukan agar dapat memutus mata rantai penularan virus ini, serta penanganan dampak yang ditimbulkannya," papar Safrizal.

Permintaan kedua untuk para kepala daerah yang baru dilantik ini, ungkap dia, adalah agenda memulihkan ekonomi, menjaga daya beli masyarakat, ketersediaan bahan pokok, peningkatan kualitas pelayanan publik serta lainnya akibat pandemi COVID-19, harus tetap dilaksanakan.

Ketiga, kata Safrizal, para kepala daerah yang baru dilantik ini harus memastikan kelancaran program vaksinasi COVID-19, penuhi target, bahkan kalau perlu secepat-cepatnya.

Keempat, katanya, penanganan pasca bencana banjir, yakni, rekonstruksi dan rehabilitasi harus cepat pula dilaksanakan.

"Karena musim penghujan masih tinggi saat ini, kewaspadaan juga jangan sampai kendor," paparnya.

Safrizal pun meminta, para kepala daerah yang baru dilantik ini agar terus dapat meningkatkan program kesejahteraan masyarakat, program pelayanan yang maksimal dan inovatif, serta program perbaikan pemerintahan.

"Serta program lain yang dijanjikan saat kampanye lalu, kami ingatkan janji adalah hutang," ujarnya.



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021