Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, memperbanyak pembangunan perpustakaan desa untuk mendorong percepatan dalam mencerdaskan masyarakat di pelosok desa.


"Banyak langkah yang bisa dilakukan dalam mencerdaskan masyarakat di desa, salah satunya dengan memperbanyak pembangunan perpustakaan desa," kata Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani saat mersemikan Perpustakaan Desa di Pulau Sebuku, Kotabaru, Rabu.

Syamsul Bahri, saat menjabat Kepala Kantor Perpustakaan Kotabaru mengemukakan, saat ini di Kotabaru terdapat sekitar 49 desa yang sudah memiliki perpustakaan.

Sisanya, sekitar 152 desa dan kelurahan masih menunggu uluran tangan dari pemerintah untuk membiayai pengadaan buku dan sarana prasarana yang lainnya.

Perpustakaan di 49 desa tersebut, dibiayai oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

Selain perpustakaan desa, Perpustakaan Kabupaten Kotabaru juga telah membangun perpustakaan di Lembaga Pemasyarakatan Kotabaru.

Tujuan dibangunnya perpustakaan tersebut semata-mata, kita ingin mencerdasakan banga ini, siapapun dia dan dimanapun dia berada.

Pembangunan perpustakaan, bukanlah hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, semata, akan tetapi menjadi tanggungjawab semua pihak, termasuk pihak perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kotabaru.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga meresmikan rumah pintar yang dibiayai PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO), melalui program corporate Social responsibility (CSR).

  Senior Advisor CSR Setia Budi, mengemukakan, program rumah pintar ini merupakan salah satu program CSR PT Silo dibidang pendidikan.   

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015