Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, membangun tiga dermaga di daerah kepulauan, untuk mendukung tekad pemerintah daerah yang menjadikan Kotabaru sebagai pusat pembangunan maritim.


"Tiga dermaga tersebut dibangun di Pulau Sebuku, dan Pulau Sembilan dengan menggunakan dana APBN," kata Bupati Kotabaru, H Irhami Ridjani, di Kotabaru, Rabu.

Irhami menjelaskan, Kotabaru yang berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II, menjadi daerah strategis dalam pembangunan kemaritiman di Indonesia.

ALKI II merupakan alur laut yang ramai dan menjadi perlintasan kapal kargo yang cukup padat, baik kapal yang berbendera Indonesia maupun berbendera asing.

Menurut Bupati, apabila kesempatan tersebut dimanfaatkan dengan maksimal, maka pembangunan perekonomian di Kotabaru akan tumbuh dengan pesat.

"Kondisi alam, dan perairan Kotabaru bersinergi dengan keinginan Kotabaru menjadi pusat pengembangan maritim di Indonesia," paparnya.

Mendukung tekad tersebut, Pemkab Kotabaru beberapa tahun terakhir berusaha untuk memenuhi dan meningkatkan pembangunan infrastruktur, termasuk pembangunan dermaga di daerah-daerah kepulauan.

"Oleh sebab itu pembangunan infrastruktur di sektor kelautan menjadi hal yang urgen dan penting, untuk mempercepat perputaran roda perekonomian di daerah," terang dia.

Selain membangun dermaga atau pelabuhan di dua kecamatan, pada anggaran 2015 Pemkab Kotabaru juga menargetkan untuk dapat memulai pembangunan jembatan yang menghubungkan daratan Kalimantan dengan Pulaulaut Kotabaru.

Plt Camat Pulau Sebuku, Gusti A Wakhid, menuturkan, masyarakat Pulau Sebuku sangat mendambakan pembangunan dermaga di Pulau Sebuku, karena pada saat air surut kapal nelayan tidak bisa bersandar ke tepian, akibat kandas.

"Dengan dibangunnya dermaga, mudah-mudahan kapal-kapal nelayan bisa merapat dan bersandar di dermaga," harap dia.

Sementara itu, Kabid Perhubungan Laut, Dinas Perhubungan Kotabaru, Dansy Lumbang, menambahkan, progres pekerjaan fisik tiga dermaga di Pulau Sebuku sudah mencapai 40 persen.

  "Sedangkan dua dermaga di Kecamatan Pulau Sembilan, yakni, satu dermaga di Pulau Marabatuan mencapai 80 persen, dan Pulau Martasirih 95 persen," paparnya   

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015