Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Banjarmasin sudah membantu menyalurkan 560 tabung gas elpiji guna meringankan kehidupan korban banjir yang ada di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Menurut Ketua FKH Banjarmasin Mohammad Ary, Jumat penyaluran tabung gas tiga kilogram tersebut bekerjasama dengan PT Pertamina dengan bentuk operasi pasar.

Dimana PT Pertamina operasi pasar seharga Rp17.500,- per tabung, tetapi dijual ke masyarakat korban banjir hanya Rp10.000 per tabung, sisanya Rp7 500,- dibayarkan atau disubsidi oleh berbagai donator, seperti dari Alumni Pondok Pesantren Assalam, Solo, dari warga Singapura keturunan Banjar, serta dari penggemar sepeda tua, Kosti.

Penyaluran pertama ke lokasi Lok Baintan sebanyak 280 tabung, penyaluran kedua kembali 280 tabung ke Lok Buntas, keduanya di Kecamatan Sungai Tabuk, karena kedua wilayah tersebut termasuk parah banjirnya dan memerlukan gas untuk memasak.

Rencananya, hari ini Jumat akan disalurkan lagi ratusan tabung gas ke Sungai Pinang juga kecamatan Sungai Tabuk. Selain menyalurkan gas  FKH juga bantu menyalurkan sembako dari berbagai pihak, nasi bungkus, peralatan sholat, seperti mukena.

Selain ke arah sungai Tabuk anggota FKH juga bergerak ke Kurau, bagikan bantuan, ke Lok Buntar, ke Semangat Dalam dan sekitarnya, serta kawasan Sungai Andai dan Sungai Gampa.

 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021